√ 10 Pengertian Teori Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

10 Pengertian Teori Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Dalam melakukan penelitian sering kita mengenal istilah “teori“. Teori harus dikuasai oleh seorang peneliti dalam melakukan sebuah kajian atau penelitian.

10 Pengertian Teori Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Teori atau theory dalam bahasa Inggris, berasal dari kata “theoria” (bahasa Latin) dan juga bahasa Yunani dengan kata yang sama. Theoria merupakan kata benda yang secara harfiah memiliki pengertian : perenungan, spekulasi, atau visi. Hal ini juga berdasarkan pemahaman lebih jauh terhadap kata kerjanya “theorein” yang berarti: memperhatikan, mengamati atau melihat.

Pengertian Teori Menurut Para ahli

Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai teori menurut para ahli.

1. Menurut KBBI

Teori adalah pendapat yang didasarkan pada penelitian dan penemuan  yang didukung oleh data dan argumentasi;  penyelidikan eksperimental yang mampu menghasilkan fakta berdasarkan ilmu pasti, logika, metodologi dan argumentasi; asas dan hukum umum yang menjadi dasar suatu kesenian atau ilmu pengetahuan; pendapat, cara dan aturan untuk melakukan sesuatu.

Baca Juga:  √ Pengertian Narasi, Tujuan, Ciri, Jenis, Struktur, Unsur, Cara Penulisan

2. Wikipedia

Teori ialah serangkaian variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan dan membangun pandangan sistematis dari sebuah fenomena dengan tujuan menjelaskan berbagai gejala alamiah yang terjadi.

3. Nazir

Teori ialah pendapat yang dikemukakan sebagai keterangan mengenai suatu peristiwa atau kejadian.

4. Azuar Juliandi

Menyatakan bahwa teori ialah suatu pemikiran, penelaahan serta penelitian yang telah diakui keabsahannya secara ilmiah.

5. Pius Partanto & M. Dahlan Barry

Menjelaskan bahwa teori sebagai patokan dasar atau garis-garis dasar sains dan ilmu pengetahuan.

6. Merriam-Webster

Teori merupakan ide atau prinsip-prinsip umum yang berhubungan dengan fakta-fakta pada pokok persoalan.

7. Fawcett

Teori merupakan suatu deskripsi fenomena tertentu, suatu penjelasan tentang hubungan antarfenomena atau ramalan tentang sebab akibat satu fenomena pada fenomena yang lain.

8. Littlejohn & Karen Foss

Teori ialah sebuah sistem konsep yang abstrak dan hubungan-hubungan konsep tersebut membantu kita untuk memahami sebuah fenomena atau kejadian.

10 Pengertian Teori Menurut Para Ahli Terlengkap

9. Kerlinger

Menurutnya teori adalah serangkaian asumsi, konsep, konstruk, definisi, dan proposisi untuk menerangkan suatu fenomena sosial secara sistematis dengan cara merumuskan hubungan antar konsep.

10. Manning

Teori merupakan seperangkat asumsi dan kesimpulan logis yang mengaitkan seperangkat variabel satu sama lain. Teori akan menghasilkan ramalan-ramalan yang dapat dibandingkan dengan pola-pola yang diamati.

Itulah penjelasan kita kali ini mengenai 10 Pengertian Teori Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan baru bagi kita yang membacanya. Sekian terimakasih 🙂