√ 7 Pengertian Bank Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Terlengkap)

7 Pengertian Bank Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Terlengkap) – Secara kasat mata kita tahu bahwa bank adalah tempat penyimpanan uang, peminjaman uang dan investasi dalam suatu lembaga resmi dan terpercaya. Hampir semua masyarakat memanfaatkan adanya bank.

7 Pengertian Bank Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Terlengkap)

Namun perlu diketahui apa sih bank itu sebenarnya dan apa saja fungsinya bagi masyarakat. Dalam kesempatan ini seputarpengetahuan.com akan membahas tentang pengertian bank menurut para ahli dan fungsi-fungsi bank itu sendiri.

Pengertian Bank Menurut Para Ahli

Berikut ini ada beberapa pengertian bank menurut para ahli:

1. Menurut UU No.7 Tahun 1992

Pengertian bank ialah suatu badan usaha yang menghimpun dananya dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk bentuk lainnya guna meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

2. Ensiklopedia Ekonomi Keuangan dan Perdagangan

Bank ialah salah satu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, mengawasi peredaran mata uang, bertindak sebagai tempat penyimpanan uang atau benda-benda berharga dan membiayai usaha-usaha perusahaan.

Baca Juga:  √ Macam-macam Motif Ekonomi dan Contohnya (Bahas Lengkap)

3. Prof. G. M. Verryn Stuart

Dalam bukunya yang berjudul Bank Politic beliau menjelaskan bank sebagai suatu badan usaha yang bertujuan untuk memberi kredit, baik dengan uang sendiri maupun uang yang dipinjam dari orang lain, dan mengedarkan alat penukar berupa uang kertas dan uang giral.

4. Kasmir

Menurutnya bank itu dikenal sebagai suatu lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menerima simpanan giro, tabungan dan deposito. Kemudian bank juga dikenal sebagai tempat untuk menukarkan uang, memindahkan uang atau menerima segala bentuk pembayaran dan setoran seperti pembayaran telepon, listrik, pajak, pembayaran kuliah, jual beli dan pembayaran lainnya.

5. Drs. T. Gilarso, SJ.

Menjelaskan bahwa bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya menghimpun dana, memberikan kredit dan jasa-jasa lain dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

6. Rachmadi Usman

Berpendapat bahwa bank merupakan lembaga keuangan yang melayani kepentingan masyarakat dalam segala bentuk transaksi yang menyangkut segala kepentingan dari pihak yang memakai jasa bank, dengan tanpa mengabaikan keuntungan bank baik secara langsung maupun tidak langsung.

7. Zamroni S.Pd

Berpendapat bahwa bank merupakan badan usaha milik negara atau swasta yang berfungsi untuk menghimpun dana masyarakat dalam bentuk tabungan dan menyalurkannya kepada masyarakat (individu, kelompok maupun perusahaan) dalam bentuk kredit.

Fungsi Bank

Secara umum bank berfungsi untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat untuk berbagai tujuan. Adapun fungsi utama bank ada tiga macam, diantaranya sebagai berikut:

Baca Juga:  √ Pengertian Piutang, Ciri, Jenis, Klasifikasi dan Pengelolaannya

Pengertian Bank Dan Fungsi Bank Terlengkap

1. Agent of trust

Yakni lembaga yang landasannya adalah kepercayaan. Jadi, dasar utama kegiatan perbankan adalah kepercayaaan, baik dalam penghimpunan dana maupun dalam penyaluran dana. Sehingga masyarakat akan percaya menitipkan dananya di bank jika dilandasi dengan kepercayaan.

2. Agent of development

Yakni lembaga yang memobilisasi dana untuk pembangunan perekonomian masyarakat. Kegiatan perekonomian masyarakat di sector moneter dan sector riil tidak dapat dipisahkan. Kegiatan tersebut memungkinkan masyarakat melakukan kegiatan investasi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa, mengingat bahwa kegiatan tersebut tidak dapat dilepaskan dari adanya penggunaan uang. Kelancaran kegiatan investasi, distribusi dan konsumsi ini tidak lain adalah salah satu kegiatan pembangunan perekonomian.

3. Agent of servies

Selain menghimpun dan menyalurkan dana, bank juga berfungsi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berupa penawaran jasa-jasa perbankan seperti jasa pengiriman uang, penitipan barang berharga dan lain sebagainya serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang menggunakan jasanya.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai 7 Pengertian Bank Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Terlengkap), semoga bermanfaat dan sekian terimakasih 🙂