12 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

12 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli – Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bidang pendidikan, khususnya dalam kegiatan pembelajaran, berkembang sebagai suatu penelitian terapan. PTK ini sangat bermanfaat bagi tenaga pendidik untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran didalam suatu proses pembelajaran.

PTK merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru atau dosen di lapangan. Masalah di dalam kelas atau ruang kuliah itu dapat diselesaikan atau dicari solusinya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

12 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

Berikut ini akan dijelaskan tentang pengertian Penelitian Tindakan Kelas secara lebih luas oleh beberapa ahli dibidangnya.

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

Istilah PTK dikenal juga dengan Classroom Action Research. PTK merupakan bagian dari penelitian tindakan (Action Research).

1. Suharsimi Arikunto (2006)

Menjelaskan Penelitian Tindakan Kelas sebagai suatu pencermatan terhadap kegiatan pembelajaran berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. PTK yang merupakan suatu kegiatan ilmiah terdiri dari Penelitian-Tindakan-Kelas.

  • Penelitian merupakan kegiatan mencermati suatu obyek dengan menggunakan aturan metodologi untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi si peneliti.
  • Tindakan merupakan suatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu yang dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan.
  • Kelas merupakan sekelompok peserta didik yang sama dan menerima pelajaran yang sama dari seorang pendidik.

2. DR. Sulipan, M.Pd

Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research ialah penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat dari tindakan yang diterapkan pada suatu subyek penelitian di kelas tersebut.

3. Kunandar (2008)

Penelitian Tindakan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) yang bertujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki mutu proses pembelajaran didalam kelas.

4. Suhardjono (2007)

Menjelaskan Penelitian Tindakan Kelas sebagai penelitian tindakan yang dilakukan di ruang kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu prose atau praktik pembelajaran.

5. Suyanto (1997)

Menjelaskan PTK sebagai suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu, untuk memperbaiki atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran didalam kelas secara lebih profesional. Oleh karenanya PTK sangat berkaitan erat dengan persoalan praktek pembelajaran sehari-hari yang dialami oleh pendidik.

6. Wina (2009)

Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan pendidik untuk meningkatkan kualitas peran dan tanggung jawabnya sebagai pendidik khususnya dalam pengelolaan pembelajaran.

7. Rustam & Mundilarto (2004)

Mereka berpendapat bahwa penelitian tindakan kelas merupakan sebuah penelitian yang dilakukan oleh pendidik di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai tenaga pendidik sehingga hasil belajar peserta didiknya dapat meningkat.

8. Rochman Nata Wijaya (1977)

PTK adalah pengkajian terhadap permasalahan praktis yang bersifat situasional dan kontekstual yang ditujukan untuk menentukan tindakan yang tepat dalam rangka pemecahan masalah yanh dihadapi atau memperbaiki sesuatu.

9. Hopkins (1993)

Mengartikan Penelitian Tindakan Kelas untuk membantu seseorang dalam mengatasi persoalan secara prakstis yang dihadapi dalam situasi darurat dan membantu pencapaian tujuan ilmu sosial dan ilmu pendidikan dengan kerjasama dalam kerangka etika yang disepakati bersama. Menurutnya, PTK merupakan kajian yang sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok pendidik dalam melakukan tindakan-tindakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut.

12 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

10. Kemmis dan Mc. Taggart (1988)

Penelitian Tindakan Kelas ialah suatu bentuk refleksi diri kolektif yang dilakukan oleh peserta-pesertanya dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran dan keadilan praktik-praktik  itu dan terhadap situasi tempat dilakukan praktik-praktik tersebut.

11. John Elliot

Penelitian Tindakan Kelas merupakan kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan didalamnya.

12. Harjodipuro

Yang dimaksud Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu pendekatan untuk memperbaiki pendidikan melalui perubahan. Dengan mendorong para guru untuk memikirkan praktik mengajarnya sendiri, agar kritis terhadap praktik tersebut dan agar mau untuk mengubahnya.

Berdasarkan pendapat-pendapat diatas, jelaslah bahwa hakikat dilakukannya PTK adalah dalam rangka pendidik bersedia untuk menginstropeksi diri, bercermin, merefleksi atau mengevaluasi dirinya sendiri sehingga kemampuannya sebagai seorang pendidik diharapkan cukup profesional dan berpengaruh terhadap kualitas dan mutu pendidikan.

Demikianlah pembahasan mengenai 12 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat dan sekian terimakasih 🙂

Baca juga:

Daftar Isi