Pengertian Parts Of Speech Dan Kegunaannya Dalam Kalimat

Pengertian Parts Of Speech Dan Kegunaannya Dalam Kalimat – Untuk mengawali pembahasan kita tentang bahasa Inggris ini, pertama kita akan membahas tentang Parts of Speech. Apa itu Parts of Speech? Dan bagaimana cara menggunakannya dalam kalimat? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Parts of Speech

Parts of Speech (POS) adalah klasifikasi atau pembagian jenis-jenis kata yang terdapat pada susunan kata dalam kalimat bahasa Inggris.

Kegunaan The Parts of Speech dalam Kalimat

Setiap kata dalam bahasa Inggris memiliki jenis-jenis tertentu yang dengannya dapat diketahui fungsi atau kegunaan kata tersebut dalam kalimat. Oleh karenanya, mempelajari Parts of Speech merupakan langkah awal dari beberapa fase untuk memahami bentuk-bentuk kalimat dalam bahasa Inggris. Penguasaan pada pembahasan ini akan sangat membantu kita dalam memahami beberapa hal berikut ini:

1. Memahami Tiap-Tiap Jenis Kata yang Terdapat dalam Bahasa Inggris

Setiap kata dalam bahasa Inggris memiliki jenis yang berbeda-beda sehingga memahami pembahasan ini merupakan salah satu syarat mutlak untuk bisa memahami bahasa Inggris dengan amat baik.

Salah satu contoh, kata help dapat berfungsi sebagai verb (kata kerja, penunjuk aktivitas) dalam kalimat sehingga kata tersebut memiliki arti menolong atau membantu. Namun, kata help juga dapat berfungsi sebagai noun (kata benda). Tentunya hal ini akan berimbas pada perubahan arti.

Baca Juga:  19 Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli Terlengkap

Dalam bentuk noun, kata help berarti bantuan atau pertolongan. Contoh lainnya adalah pandai. Dalam posisinya sebagai kata sifat (adjective), ia disebut clever. Dalam arti kepandaian (kata benda), ia disebut cleverness. Sementara dalam bentuk kata keterangan (adverb), ia berubah menjadi cleverly yang berarti dengan pintar.

2. Mengerti Cara Menempatkan Kata dalam Kalimat dengan Tepat

bahasa Inggris tidak dapat diterjemahkan secara kata per kata. Disamping itu menempatkan kata dalam kalimat juga harus benar sesuai dengan aturan parts of speech nya.

Perhatikan contoh kalimat ini, Dia mengerjakan PR nya dengan baik, kalimat ini tidak dapat diterjemahkan perkata menjadi she (dia perempuan), do (mengerjakan), task atau job (pekerjaan), house (rumah), with (dengan), good (baik). Sebab terjemahan yang tepat untuk kalimat tersebut adalah She does her homework well.

Kata kerja do mengalami perubahan menjadi does manakala subjek pada kalimat adalah orang ketiga tunggal, yakni he, she (dia), it (ini nonperson), dan name (nama). Kata pekerjaan rumah merupakan kata benda yang terdiri atas satu kata saja yakni homework sehingga ia tidak perlu diterjemahkan secara terpisah. Sementara kata dengan baik merupakan bagian dari jenis kata keterangan (adverb) yang berubah secara tidak beraturan menjadi well.

Loading...

3. Memahami Dua Bentuk Utama dalam Kalimat Berbahasa Inggris

Disini kita akan mencoba memahami verbal sentence dan nominal sentence. Kalimat verbal (verbal sentence) adalah kalimat yang memiliki/menggunakan verb (kata kerja) didalamnya sehingga mengandung makna melakukan aktivitas atau kegiatan tertentu. Sementara kalimat nominal adalah kalimat yang mengandung tiga complement yang biasa disingkat menjadi ANA (Adjective, Noun, Adverb).

Salah satu contoh pada kata kick dapat digunakan dalam kalimat verbal berikut, I kick the ball. Artinya, saya sedang menendang bola. Kalimat ini mengandung arti melakukan aktivitas, yakni menendang bola. Sementara dalam bentuk nominal, kata kick dapat digunakan dalam kalimat berikut, It was a good kick. Dalam kalimat ini, kata kick berada dalam posisi noun (kata benda) sehingga kalimat tersebut berada dalam jenis kalimat nominal. Maka terjemahannya adalah, Itu (tadi) tendangan yang bagus.

Baca Juga:  29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Parts Of Speech Dan Kegunaannya Dalam Kalimat

4. Menguasai Comprehensive English Tenses

Salah satu kuci utama dalam penguasaan bahasa Inggris adalah pemahamannya yang memadai tentang tenses. Penguasaan tenses secara komprehensif meliputi.

  • Tiga jenis utama tenses yaitu present, past, dan future.
  • Tenses untuk kalimat active dan passive.
  • Tenses untuk kalimat verbal dan nominal.

Ketiga jenis tenses tersebut mencakup semua bentuk kalimat, yaitu positive, negative, dan introgative sentences. Penguasaan yang baik terhadap pembahasan ini tidak semata bergantung pada kemampuan untuk menghafal seluruh rumus atau aturan dalam tata bahasa Inggris, tetapi juga pada pemahaman yang baik terhadap parts of speech. Oleh karenanya, pemahaman yang memadai tentang pembahasan ini akan membantu kita dalam penguasaan bahasa Inggris secara keseluruhan.

Sekian dulu pembahasan kita menganai Pengertian Parts Of Speech Dan Kegunaannya Dalam Kalimat, semoga bisa bermanfaat buat kita semua dan membuat kita lebih memahami bahasa Inggris. Terimakasih 🙂

Rate this post