√ Pengertian Danau dan Jenis Danau (Pembahasan Terlengkap)

Pengertian Danau dan Jenis Danau (Pembahasan Terlengkap) – Pada kesempatan yang lalu kita sudah membahas tentang sungai, disana dijelaskan apa itu sungai lengkap dengan kualifikasinya. Nah kali ini seputarpengetahuan.com akan membahas tentang danau.

Pengertian Danau dan Jenis Danau (Pembahasan Terlengkap)

Kalian pasti sudah bisa membayangkan danau itu seperti apa, pasti dibenak kalian terbayang akan air yang sangat banyak, kolam yang sangat besar danlains sebagainya. Namun tahukah kalian apa itu danau yang sebenrnya? Mari kita simak pembahasan berikut.

Pengertian Danau

Danau adalah sebuah cekungan dimuka bumi dimana jumlah air yang masuk lebih besar dari air yang keluar. Danau mendapatkan air dari curahan hujan, sungai, dan air tanah. Ketiga sumber tersebut bersama-sama dapat mengisi dan memberikan suplai air pada danau.

Berdasarkan proses terjadinya danau dibedakan menjadi dua yakni danau alam dan danau buatan.

Danau Alam

Danau alam terbentuk secara alami berasal dari tenaga alam tanpa adanyacampur tangan manusia. Danau alam dapat dibedakan menjadi beberapa macam antara lain:

Baca Juga:  √ Lapisan Tanah, Tekstur, Komposisi dan Profilnya (Lengkap)

1. Danau Tektonik

Merupakan danau yang terjadi karena gerakan tektonik yang menimbulkan bentuk slenk/graben (lembah patahan) atau patahan yang diapit oleh horst (puncak patahan) dan mendapat air dalam jumlah yang cukup (air hujan, sungai, mata air). Contohnya: Danau Maninjau, Danau Tempe, Danau Poso, dan Danau Tondano.

2. Danau Vulkanik

Merupakan adalah danau bekas letusan gunung berapi yang menyebabkan cekungan. Apabila dasar cekungan tertutup material vulkan,maka air hujan yang tertampung dipuncak gunung menjadi danau. Contohnya: Danau Maar, Danau kaldera, Danau batur, dan Danau Kalimutu.

3. Danau Vulkan-Tektonik

Merupakan danau yang terjadi karena gerakan tektonik dan letusan gunung api. Contohnya: Danau Toba.

4. Danau Gletser

Merupakan danau yang daerah-daerah dahulunya dilalui gletser menjadi kering dan diisi air. Danau-danau ini hanya terdapat di Amerika Utara, perbatasan kanada dan Amerika Serikat. Contohnya: Danau Superior dan Danau Michigan.

5. Danau Dolina

Merupakan danau yang terdapat di daerah horst dan umumnya berupa danau kecil yang bersifat temporer. Contohnya: danau disekitar gunung kidul.

6. Danau Tapal Kuda

Merupakan danau yang terbentuk karena adanya sedimen pada sungai meander saat aliran sungai menurun.

Pengertian Danau Dan Jenis-Jenis Danau Lengkap

Danau Buatan

Danau buatan atau lebih dikenal dengan waduk, dibuat untuk tujuan tertentu artinya pembuatan waduk sudah direncanakan dan disesuaikan penggunaannya seperti irigasi, penanggulangan banjir, pembangkit listrik, perikanan, transportasi dll. Contohnya: Waduk Jatiluhur, Waduk Cirata dan masih banyak lagi.

Itulah pembahasan singkat mengenai apa itu danau dalam artikel diatas yang berjudul Pengertian Danau dan Jenis Danau (Pembahasan Terlengkap), semoga dari penjelasan diatas bisa menambah pengetahuan kita tentang danau dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Baca Juga:  √ Pengertian Reklamasi, Tujuan, Manfaat, Dampak, Proses & Contohnya

Sumber: Aspirasi Geografi SMA semester 2