√ Pengertian Besaran, Satuan, Pengukuran dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian Besaran, Satuan, Pengukuran dan Contohnya (Lengkap) – Dalam konsep ilmu fisika dasar, pasti kita sudah diperkenalkan dengan sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Seperti mengukur tinggi badan, menimbang massa, mengukur lebar, panjang dan tinggi meja, dan lain sebagainya. Hal tersebut dalam fisika disebut dengan besaran, satuan dan pengukuran.

Pengertian Besaran, Satuan, Pengukuran dan Contohnya (Lengkap)

Dalam pembahasan kali ini, seputarpengetahuan.com akan membahas tentang pengertian dari besaran, satuan dan pengukuran. Berikut penjelasanya.

Pengertian Besaran, Satuan Dan Pengukuran

Dalam fisika, besaran sangat erat kaitannya dengan pengukuran dan pengukuran dalam ilmu fisika memiliki peranan penting bahkan hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu fisika pasti disertai dengan pengukuran. Untuk itu, bagi pemula harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu besaran, satuan dan pengkuran.

Besaran

Besaran ialah segala sesuatu yang dapat diukur, memiliki nilai yang dapat dinyatakan dengan angka-angka dan memiliki satuan tertentu.

Satuan

Satuan adalah pernyataan yang menjelaskan arti dari suatu besaran atau sesuatu yang dijadikan pembanding dalam pengukuran yang menjadi acuan. Satuan merupakan salah satu dari komponen besaran yang menjadi standar dari suatu besaran.

Baca Juga:  √ Pengertian Listrik Dinamis Dan Contoh Listrik Dinamis (Lengkap)

Pengukuran

Pengukuran ialah suatu proses membandingkan sesuatu yang diukur dengan sesuatu yang lain sebagai pengukur yang dijadikan sebagai acuan. Dengan kata lain, pengertian pengukuran ialah proses membandingkan suatu besaran dengan besaran lain yang digunakan sebagai suatu satuan.

Untuk lebih memahami pengertian-pengertian tersebut, ada baiknya kita perhatikan contoh berikut ini.

  • Saat Anda pergi ke warung untuk membeli beras sebanyak 5 kg, pasti kalian melihat si penjual melakukan pengukuran dengan menggunakan timbangan sampai beras yang ditimbang mencapai 5 kg.
  • Ketika orang tua Anda akan membuat meja makan, pasti membutuhkan hasil ukuran yang diinginkan dengan menggunakan bantuan alat ukur.  Setelah melakukan pengukuran tenyata hasil yang diinginkan memiliki panjang 2 meter.

Pengertian Besaran, Satuan Dan Pengukuran Beserta Contohnya

Dari kedua contoh tersebut, semuanya telah menunjukkan adanya aktivitas pengukuran, yakni mengukur banyaknya beras sebanyak 5 kg dan mengukur meja makan yang akan dibuat dengan ukuran panjang 2 meter. Angka 5 menunjukkan nilai besaran massa dan kg (kilo gram) menunjukkan satuan dari besaran massa. Sedangkan angka 2 pada contoh kedua menunjukkan nilai dari besaran panjang dan meter menunjukkan satuan dari besaran panjang.

Itulah penjelasan mengenai Pengertian Besaran, Satuan, Pengukuran dan Contohnya (Lengkap), dalam kesempatan berikutnya akan dibahas mengenai Besaran pokok dan besaran turunan. Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan sekian terimakasih.