√ Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Penjelasannya (Lengkap)

Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Penjelasannya (Lengkap) – Besaran dalam ilmu fisika dibedakan menjadi dua, yakni besaran pokok dan besaran turunan. Yang dimaksud dengan besaran pokok adalah besaran yang satuannya sudah ditetapkan dan tidak diturunkan dari besaran lain. Sedangkan besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran-besaran pokok.

Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Penjelasannya (Lengkap)

Mari kita bahas besaran pokok terlebih dahulu dengan seksama.

Besaran Pokok

Besaran pokok terdiri dari tujuh item, yakni seperti dalam tabel berikut ini.

Besaran pokok

Panjang

Panjang ialah jarak antara dua titik di dalam ruang. Menurut besaran SI, besaran panjang ini dinyatakan dalam satuan meter. Jadi, perlu diketahui bahwa jarak, tinggi, lebar, kedalaman, diameter, keliling itu termasuk besaran panjang.

Alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur besaran panjang diantaranya yaitu: penggaris, jangka sorong dan mikrometer sekrup.

Massa

Massa suatu benda ialah banyaknya zat yang dikandung benda tersebut. Menurut satuan SI, satuan massa adalah kilogram (kg). Alat ukur yang dapar digunakan untuk mengukur besaran massa ialah neraca (timbangan).

Baca Juga:  √ Pengertian Cahaya, Macam, Sifat & Contohnya (Bahas Lengkap)

Waktu

Satuan waktu dalam SI dinyatakan dengan second atau detik. Satuan waktu yang biasa digunakan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1 menit = 60 detik
1 jam = 60 x 60 detik = 3.600 detik
1 hari = 24x 3.600 detik = 86.400 detik

Alat yang digunakan untuk mengukur satuan waktu adalah arloji dan stopwatch.

Kuat Arus Listrik

Yaitu banyaknya muatan listrik yang mengalir melalui satu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. Satuan kuat arus listrik menurut SI adalah ampere. Alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur kuat arus listrik adalah Amperemeter.

Suhu

Merupakan ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda. Satuan suhu menurut SI adalah Kelvin. Alat yang dapat digunakan untuk mengukur suhu benda disebut termometer.

Intensitas Cahaya

Satuan intensitas cahaya adalah candela. Candela yaitu intensitas cahaya suatu sumber cahaya yang memancarkan radiasi manokromatik pada frekuensi 540*1012 hertz dengan intensitas radiasi sebesar 1/685 watt per Steradran dalam arah tersebut. Alat ukur untuk mengukur besaran intensitas cahaya adalah luxmeter atau candlemeter.

Jumlah Zat

Satuan jumlah zat dalam SI adalah molekul. Jumlah zat ini tidak diukur secara langsung, namun dengan cara mengukur massa zat terlebih dahulu.

Besaran Turunan

Beberapa besaran turunan dapat dilihat dalam tabel berikut ini.

Besaran turunan

Luas, merupakan besaran turunan yang diperoleh dengan cara mengalikan dua besaran panjang.
luas

Volum atau isi, ialah banyaknya ruang yang digunakan oleh suatu benda. Sama halnya dengan luas, volum juga merupakan turunan dari besaran pokok  yaitu hasil kali tiga besaran panjang.

Baca Juga:  √ 12 Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Itulah penjelasan singkat tentang Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Penjelasannya (Lengkap), semoga bermanfaat dan sekian terimakasih.

4.6
35