√ 9 Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

9 Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Lingkungan hidup merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Segala sesuatu yang yang terjadi dengan lingkungan akan berimbas dengan kehidupan manusia itu sendiri dan juga sebaliknya. Dengan adanya perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, dapat menyebabkan kondisi lingkungan sedikit demi sedikit akan rusak.

9 Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Berbagai pembangunan, baik perkantoran, perumahan, perhotelan dan gedung-gedung lainnya semakin meningkat pesat. Sedangkan jumlah flora dan fauna semakin berkurang. Kerusakan lingkungan terjadi dimana-mana, seperti pembakaran, penebangan dan penggundulan hutan, sehingga kelestarian lingkungan hidup manusia tidak dapat dicapai dengan sempurna.

Salah satu hal yang harus kita lakukan sebagai pelajar dan warga Negara yang baik adalah menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan hidup. Lalu apa sih sebenarnya lingkungan hidup itu? Mungkin ada beberapa yang masih rancu dalam mendefinisikan pengertian lingkungan hidup. Untuk itu, seputarpengetahuan.com akan merangkum beberapa pendapat para ahli tentang pengertian lingkungan hidup.

Pengertian Lingkungan Hidup

Berikut ini ada beberapa pengertian lingkungan hidup menurut pendapat para ahli juga Undang-Undang.

1. Undang-Undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Menyatakan bahwa yang dimaksud dengan lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Baca Juga:  √ Pengertian Saham dan Obligasi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

2. Wikipedia

Lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik.

3. Emil Salim

Mengatakan bahwa lingkungan hidup adalah segala benda, kondisi, keadaan, dan pengaruh yang terdapat dalam ruangan yang kita tempati dan mempengaruhi hal hidup termasuk kehidupan manusia.

4. Sambas Wirakusumah

Menjelaskan bahwa lingkungan hidup ialah semua aspek kondisi eksternal biologis, dimana organisme hidup dan ilmu-ilmu lingkungan menjadi studi aspek lingkungan organisme itu.

5. Otto Semarwoto

Menjelaskan bahwa lingkungan hidup merupakan semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati yang mempengaruhi kehidupan kita.

6. Bintarto

Menyatakan bahwa lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita, baik berupa benda ataupun non-benda yang dapat mempengaruhi dan dipengaruhi sikap dan tindakan kita.

7. Soedjono

Menyatakan bahwa lingkungan hidup adalah lingkungan fisik atau jasmani yang terdapat di alam yang mencakup lingkungan hidup manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan yang ada di dalamnya.

8. Munajat Danusaputra

Menjelaskan bahwa lingkungan hidup ialah semua benda dan kondisi termasuk di dalamnya manusia dan tingkah perbuatannya, yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad hidup lainnya.

9 Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

9. Sri Hayati

Menjelaskan lingkungan hidup sebagai satu kesatuan ruang dengan semua benda juga keadaan makhluk hidup. Yang termasuk didalamnya adalah manusia dan perilakunya yang melangsungkan kehidupan dan kesejahteraan manusia juga makhluk-makhluk hidup lainnya.

Itulah beberapa penjelasan tentang 9 Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) semoga bermanfaat dan sekian terimakasih 🙂