√ Sistem Pernapasan Pada Burung (Pembahasan Terlengkap)

Sistem Pernapasan Pada Burung (Pembahasan Terlengkap) – Setiap makhluk hidup memiliki sistem pernapasan yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Pada prinsipnya, pernapasan pada vertebrata dengan manusia sama, tetapi struktur pernapasannya berbeda sehingga mekanismenya pun berbeda.

Sistem Pernapasan Pada Burung (Pembahasan Terlengkap)

Untuk mempelajari sistem pernapasan pada burung, dapat kita ambil contoh burung merpati. Alat pernapasannya terdiri dari lubang hidung, trakea (batang tenggorokan), bronkus (cabang batang tenggorok) dan paru-paru. Pada pangkal percabangan bronkus juga terdapat alat suara yang disebut dengan siring.

Sistem Pernapasan Pada Burung

Saat terbang, pernapasan burung dibantu dengan pundi-pundi udara. Pundi-pundi udara merupakan kantong dengan dinding selaput yang sangat tipis dan elastis. Pundi-pundi udara tersebut terletak diantara otot, tulang, dan otot-otot tubuh.

Pada waktu terbang, sayap burung digerakkan oleh otot-otot dada. Aktivitas otot-otot dada ini akan mengganggu proses pemasukan udara oleh paru-paru (inspirasi). Udara pernapasan masuk melalui hidung lalu ke trakea dan bronkus menuju paru-paru dan dialirkan ke pundi-pundi udara.

Oleh karena itu, oksigen diambil dari udara yang terdapat dalam pundi-pundi udara. Udara dari pundi-pundi dialirkan ke paru-paru dengan cara menekan pundi-pundi (ekspirasi). Dalam paru-paru terjadi lagi penyerapan oksigen. Jadi, penyerapan oksigen dapat berlangsung dua kali yakni pada saat inspirasi dan ekspirasi.

Pada waktu inspirasi: Udara masuk ke dalam paru-paru dan pundi-pundi udara.

Pada waktu ekspirasi: Udara mengalir dari pundi-pundi udara ka dalam paru-paru.

Saat burung terbang melayang tanpa mengepakkan sayapnya, burung berkesempatan mengisi kembali pundi-pundi udaranya. Ketika burung hinggap, burung bernapas menggunakan paru-paru. Jalannya pernapasan pada burung yang terbang atau tidak terbang adalah sebagai berikut:

Udara masuk melalui hidung → tenggorokan → paru-paru → pundi-pundi udara → paru-paru → keluar melalui hidung

Sistem Pernapasan Pada Burung

Pada umumnya, burung memiliki lima pasang pundi-pundi udara yang diberi nama sesuai dengan tempatnya, yakitu:

  1. Sepasang pundi-pundi udara pangkal leher;
  2. Sepasang pundi-pundi udara dada depan;
  3. Sepasang pundi-pundi udara dada belakang;
  4. Sepasang pundi-pundi udara perut; dan
  5. Sepasang pundi-pundi udara antartulang selangka yang bercabang-cabang membentuk pundi-pundi udara dibawah tulang lengan atas.

Demikianlah penjelasan singkat kita kali ini mengenai Sistem Pernapasan Pada Burung (Pembahasan Terlengkap), semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua khususnya tentang burung. Sekian terimakasih 🙂

4.1
186