√ Persamaan dan Perbedaan Antara Mukjizat, Karomah, Maunah & Irhas

Loading...

Persamaan dan Perbedaan Antara Mukjizat, Karomah, Maunah & Irhas – Setelah kita mengetahui pengertian mukjizat, karomah, maunah dan irhas beserta contoh-contohnya. Maka selanjutnya seputarpengetahuan.co.id akan berbagi tentang apa saja persamaan dan perbedaan diantara keempat hal tersebut. Berikut ini pembahasan dan penjelasan selengkapnya.

Persamaan dan Perbedaan Antara Mukjizat, Karomah, Maunah & Irhas

Mari kita bahas lengkap persamaanya terlebih dahulu disini.

Loading...

Persamaan Antara Mukjizat, Karomah, Maunah Dan Irhas

Adapun persamaan yang terdapat antara mukjizat dengan karomah, maunah dan irhas antara lain sebagai berikut:

  • Sama-sama terjadi atas kehendak Allah SWT.
  • Sama-sama peristiwa atau kejadian yang luar biasa yang sulit di terima oleh akal sehat manusia.
  • Terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya perencanaan, tidak bisa dipelajari dan tidak bisa dikalahkan oleh apapun.
  • Sama-sama diberikan untuk mengatasi kesulitan dan masalah serta menolong hamba-Nya yang taat kepada-Nya.

Perbedaan Antara Mukjizat, Karomah, Maunah Dan Irhas

Adapun perbedaan antara mukjizat dengan karomah, maunah dan irhas antara lain sebagai berikut:

  • Mukjizat diberikan Allah hanya untuk para nabi dan rasul yang telah diangkat dan dipilih oleh Allah SWT., sedangkan karomah, maunah dan irhas diberikan Allah kepada orang-orang yang beriman dan manusia biasa yang ditolong oleh Allah atas kehendak-Nya.
  • Mukjizat ini diberikan untuk membuktikan kenabian dan kerasulan sekaligus untuk melemahkan orang-orang kafir yang bermaksud jahat. Sedangkan karomah, maunah dan irhas diberikan kepada semua orang yang beriman kepada Allah SWT., orang-orang sholeh, dan taat kepada-Nya untuk menolong dan melindungi mereka dari bhaya atau hal-hal yang buruk.
Baca Juga:  √ Pengertian Karomah, Maunah & Irhas Beserta Contohnya (Lengkap)

Itulah beberapa persamaan dan perbedaan antara mukjizat, karomah, maunah dan irhash. Jadi, keempat kata tersebut memiliki pengertian yang berbeda-beda. Walaupun pada kenyataannya masih banyak orang-orang yang selalu mengatakan suatu keajaiban sebagai sebuah mukjizat yang datang dari Allah.

Loading...

Seperti contoh, saat seseorang sakit keras dan sedang dirawat di rumah sakit, dokter mengatakan bahwa usianya tidak lama lagi karena faktor dari penyakit yang di derita sudah sangat fatal dan sangat sedikit kemungkinan untuk sembuh. Mereka mengatakan hanya menunggu “mukjizat” datang, seseorang yang sakit tersebut bisa sembuh dengan izin Allah SWT.

Persamaan Dan Perbedaan Antara Mukjizat, Karomah, Maunah Dan Irhas

Pernyataan tentang kata “mukjizat” itu sebenarnya salah. Karena telah kita ketahui bersama bahwa mukjizat itu hanya diberikan Allah kepada para nabi dan rasul-Nya untuk membuktikan kebenaran atas kenabian dan kerasulannya.

Demikian uraian tentang Persamaan dan Perbedaan Antara Mukjizat, Karomah, Maunah & Irhas, semoga kita tidak lagi salah menyebutkan dan menempatkan kata-kata tersebut dalam setiap perkataan dan semoga menambah wawasan dan ilmu pengetahuannya. Sekian terimakasih 🙂

5 (100%) 7 votes
Loading...