√ Pengertian Karomah, Maunah & Irhas Beserta Contohnya (Lengkap)

Pengertian Karomah, Maunah & Irhas Beserta Contohnya Lengkap – Dalam pembahasan sebelumnya telah dibahas tentang pengertian mukjizat dan contohnya. Mukjizat merupakan sesuatu yang sangat luar biasa yang terjadi atas izin Allah dan hanya dimiliki oleh para nabi dan rasul Allah SWT. Adapun pengertian karomah, maunah dan irhas akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini.

Pengertian Karomah, Maunah & Irhas Beserta Contohnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian karomah dan contohnya terlebih dahulu.

Pengertian Karomah Dan Contohya

Secara bahasa, karomah ialah kemuliaan, kehormatan dan anugerah. Secara istilah, karomah merupakan kejadian-kejadian luar biasa  yang diberikan Allah SWT. kepada para waliyullah., yakni hamba Allah yang sholeh dan taat kepada-Nya.

Seperti diantaranya para wali yang mampu melihat hal-hal ghaib atau memiliki keahlian yang tidak dimiliki oleh manusia pada umumnya. Salah satu contohnya adalah kejadian yang dialami oleh Maryam binti Imran ra., yang selalu mendapatkan makanan di mihrab, sedangkan Maryam sendiri tidak pernah keluar dari mihrab. Hal ini diabadikan dalam QS. Al-Imran ayat 37. Selain itu, kejadian pada Amir bin Fuhairah ketika wafat, jasadnya diangkat oleh para malaikat dan disaksikan oleh sahabatnya Amir bin Thufail.

Baca Juga:  √ Pengertian Doa Menurut Agama Islam (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Maunah Dan Contohya

Secara bahasa, maunah artinya pertolongan. Sedangkan secara istilah, maunah merupakan kemampuan yang diberikan Allah SWT. kepada seorang mukmin  untuk mengatasi kesulitan hidupnya. Maunah ini Allah berikan kepada siapapun yang dikehendaki-Nya, baik kepada nabi, para wali, maupun manusia biasa.

Contohnya pertolongan Allah yang diberikan kepada korban bencana tsunami di Aceh beberapa tahun silam. Contoh lainnya seperti saat seseorang yang tertabrak kendaraan, Allah beri maunah atau pertolongan sehingga ia selamat.

Pengertian Karomah, Maunah Dan Irhas Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Irhas Dan Contohya

Yang dimaksud irhas adalah kejadian luar biasa atau istimewa yang terjadi pada diri calon nabi atau rosul ketika masih kecil. Kejadian luar biasa itu diberikan Contohnya nabi Isa as., sewaktu beliau masih bayi dalam buaian ibunya, beliau berbicara kepada orang-orang yang melecehkan ibunya. Kejadian itu diabadikan dalam QS. Maryam ayat 29-33.

Selain itu, kejadian yang terjadi pada nabi Muhammad SAW., ketika beliau masih kecil dan sedang bermain dengan saudara sepersusuannya, ada dua malaikat yang mendatanginya, lalu malaikat membelah dada nabi Muhammad SAW untuk membersihkan hatinya dari segala kotoran hati.

Setelah kita ketahui tentang pengertian mukjizat, karomah, maunah dan irhas, dalam pembahasan berikutnya seputarpengetahuan.com akan menjelaskan tentang persamaan dan perbedaan antara mukjizat, karomah, maunah dan irhas.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Karomah, Maunah & Irhas Beserta Contohnya (Lengkap), semoga dapat memberikan manfaat. Sekian terimakasih.