√ Pengertian Fotosintesis dan Prosesnya (Pembahasan Terlengkap)

Pengertian Fotosintesis dan Prosesnya (Pembahasan Terlengkap) – Pada pembahasan yang lalu mengenai ekosistem, dijelaskan bahwa dalam rantai makanan, tumbuhan hijau memegang peranan penting karena bertindak sebagai produsen yang dapat menghasilkan makanannya sendiri.

Pengertian Fotosintesis dan Prosesnya (Pembahasan Terlengkap)

Kelompok makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri disebut kelompok autotrof. Yang termasuk kelompok ini adalah tumbuhan hijau dan ganggang (alga).

Pengertian Fotosintesis

Proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau dan ganggang disebut juga sebagai proses fotosintesis. Pengertian fotosintesis dalam kamus biologi adalah peristiwa penggabungan karbon dioksida dan air secara kimiawi dalam klorofil untuk membentuk karbohidrat dengan bantuan cahaya matahari sebagai sumber energi.

Sedangkan dalam Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI), fotosintesis adalah pemanfaatan energi cahaya matahari (cahaya matahari buatan) oleh tumbuhan berhijau daun atau bakteri untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi karbohidrat.

Secara ringkas, fotosintesis merupakan penyusun/pembuatan makanan yang terjadi di daun, dilakukan oleh klorofil dengan bantuan energi cahaya. Secara alami fotosintesis berlangsung dengan bantuan energi cahaya matahari dan terjadi di siang hari. Jadi, forosintesis bisa juga terjadi pada malam hari dengan bantuan cahaya lampu atau cahaya lainnya.

Karbohidrat yang dihasilkan oleh tumbuhan, dipakai untuk keperluan hidupnya sendiri, seperti untuk tumbuh dan berkembang serta menjalankan aktivitas lainnya, dan sisanya disimpan sebagai cadangan makanan. Cadangan makanan inilah yang biasanya dimanfaatkan hewan dan manusia untuk bahan makanannya.

Baca Juga:  √ Pengertian Jaringan Ikat, Fungsi, Ciri, Macam, Letak & Penyusunnya

Pengertian Fotosintesis Dan Proses Fotosintesis Lengkap

Proses Fotosintesis

Fotosintesis terjadi pada tumbuhan berdaun hijau. Pada umumnya tumbuhan mempunyai daun berwarna hijau (berhijau daun) karena pada daun tumbuhan tersebut terkandung pigmen hijau atau zat warna yang disebut zat hijau daun (klorofil).

Klorofil terdapat didalam kloropas, selain klorofil, didalam kloroplas juga terdapat pigmen lain, seperti pigmen merah dan kuning yang berfungsi untuk menangkap energi cahaya yang tidak bisa ditangkap oleh klorofil. Contoh tumbuhan yang memiliki pigmen selain klorofil adalah wortel yang memiliki pigmen kuning.

Bahan baku pada proses fotosintesis adalah air (H2O) dan karbon dioksida (CO2). Air berasal dari dalam tanah. Melalui proses pengangkutan, air didalam tanah diangkut oleh xilem dari akar ke daun sedangkan karbon dioksida berasal dari udara bebas yang merupakan hasil dari proses pernapasan makhluk hidup.

Disamping air dan karbon dioksida, fotosintesis juga membutuhkan cahaya, terutama cahaya matahari. Hasil fotosintesis berupa glukosa dan oksigen. Perhatikan reaksi fotosintesis dibawah ini!

Reaksi Fotosintesis

Pada proses fotosintesis, energi dihasilkan dari cahaya matahari yang diserap oleh klorofil. Energi tersebut digunakan untuk memecah molekul air menjadi oksigen dan hidrogen. Oksigen dikeluarkan oleh daun, meskipun sebagian digunakan untuk bernapas. Hidrogen bergabung dengan karbon dioksida membentuk glukosa.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Pengertian Fotosintesis Dan Proses Fotosintesis Lengkap, semoga bisa bermanfaat buat kita semua. Terimakasih.

Baca Juga:  √ Pengertian Ciliata, Ciri Ciliata & Klasifikasi Ciliata (Lengkap)

Sumber: Kompetensi IPA Biologi SMP Kls VIII
Yrama Widya