5 Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli (Terlengkap)

5 Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli (Terlengkap) – Dalam dunia pendidikan saat ini, semakin banyak para pendidik yang menerapkan model pembelajaran dalam setiap proses pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas. Pendidik harus lebih mengoptimalkan segala kemampuannya dan kreatifitasnya dalam pembelajaran. Berbagai model pembelajaran harus dikuasai.

5 Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Sebelum membahas tentang jenis-jenis atau macam-macam model pembelajaran, ada baiknya kita ketahui telebih dahulu apa itu model pembelajaran. Dalam kesempatan ini, seputarpengetahuan.com akan membahas pengertian model pembelajaran yang dikemukakan oleh para ahlinya.

Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

Model pembelajaran merupakan cara atau teknik penyajian materi yang digunakan pendidik dalam dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Untuk lebih jelasnya berikut yang telah dijelaskan oleh para ahlinya.

1. Agus Suprijono (2010)

Menurutnya, model pembelajaran merupakan suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas maupun tutorial.

2. Slavin (2010)

Mengemukakan model pembelajaran sebagai suatu acuan kepada suatu pendekatan pembelajaran termasuk tujuan, sintaksnya, lingkungan dan sistem pengelolaannya.

3. Trianto (2009)

Menjelaskan model pembelajaran sebagai suatu pendekatan yang luas dan menyeluruh serta dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan pembelajarannya, sintaks (pola urutannya) dan sifat lingkungan belajarnya.

4. Komarudin (2010)

Menjelaskan model pembelajaran sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai panduan atau pedoman dalam melakukan aktivitas pembelajaran.

5. Richard I Arends

Menurutnya model pembelajaran lebih mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk didalamnya terdapat tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan pengelolaan kelas.

Kardi dan Nur mengemukakan bahwa ada lima model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran yakni: pembelajaran langsung, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berdasarkan masalah, diskusi, dan learning strategi.

5 Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

Setiap guru harus mampu mengelola dan memilih model pembelajaran yang tepat bagi peserta didiknya agar tujuan pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Saat ini, guru telah dituntut untuk menguasai beragam stretegi, metode, teknik maupun model pembelajaran. Karena, guru yang memiliki kompetensi dalam mengelola kelas akan berpengaruh terhadap hasil yangakan diperoleh.

Demikian pembahasan mengenai 5 Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli (Terlengkap), semoga dapat bermanfaat dan selanjutnya akan dibahas tentang macam-macam model pembelajaran. Sekian terimakasih 🙂

Baca juga:

Daftar Isi