√ 03 Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

03 Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Kita pasti pernah mendengar kata entrepeneur, bukankah begitu? Namun masih banyak yang belum memahami apa arti entrepreneur itu sebenarnya. Nah disini kita akan membahas secara rinci apa yang dimaksud entrepreneur.

03 Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disana dikatakan bahwa entrepeneur adalah orang yang pandai atau berbakat dalam menciptakan suatu produk, menyusun cara baru dalam memproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasi dan memasarkannya.

Jika kita ingin menjadi seorang entrepreneur, kita harus memiliki skill atau kemampuan untuk berfikir secara kreatif, mampu berinovasi, berimajinasi ketika melihat sebuah peluang untuk segera melakukan usaha yang memberikan keuntungan dalam sistem pelaksanaannya. Semua itu harus dilakukan dengan langkah-langkah yang sesuai dan menguntungkan untuk berbagai pihak.

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli

Berikut ada beberapa ahli yang mendefinisikan entrepreneur.

1. Kathleen

Dijelaskan olehnya bahwa entrepreneur adalah orang yang mengatur, menjalankan dan menanggung resiko bagi pekerjaan yang dilakukan dalam dunia usaha.

2. Arif F Hadipranata

Menurutnya entrepreneur adalah sosok pengambil resiko yang diperlukan untuk mengelola dan mengatur bisnis serta menerima keuntungan finansial ataupun non uang.

Baca Juga:  √ 18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

3. Andrew J Dubrin

Didefinisikan olehnya entrepreneur sebagai orang yang mendirikan dan menjalankan usaha yang inovatif.

Penjelasan diatas adalah beberapa definisi dari para ahli mengenai entrepreneur, jika kita ingin menjadi seorang entrepreneur, sudah seharusnya kita memahami makna dari entrepreneur itu sendiri. Menjadi entrepreneur memang tidaklah mudah, namun jika kita serius dan bersungguh-sungguh, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, Berikut ada beberapa manfaat jika menjadi seorang entrepreneur, antara lain:

  • Kita tidak terikat dengan orang lain, artinya semua menjadi kehendak kita. Kita bebas melakukan apa saja sendiri, mengatur dan mengelola apa yang kita kerjakan tanpa ada perintah dari orang lain.
  • Kita mempunyai kesempatan untuk memberikan lapangan pekerjaan untuk orang lain.
  • Kita punya kesempatan untuk bekerjasama dengan orang lain untuk meningkatkan usaha kita dengan saling menguntungkan satu sama lain.
  • Membuat kita menjadi seseorang yang mandiri, tidak bergantung pada orang lain.

Mungkin manfaat diatas adalah sedikit dari apa yang bisa kita dapatkan jika kita menjadi entrepreneur. Kita bisa memluainya dengan hal yang kecil seperti berjualan sembako, makanan ringan, buah tangan atau apapun dengan skala yang kecil.

03 Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli Lengkap

Pada zaman sekarang sebenarnya menjadi entrepreneur tidaklah sulit, banyak media pendukung yang bisa kita manfaatkan untuk menunjang apa yang kita punya. Contohnya media sosial seperti facebook, instagram, BBM dan masih banyak lainnya. Semua tinggal kemauan dan kerja keras kita untuk menekuninya.

Baca Juga:  √ Pengertian Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Tujuan, Aspek, Faktor dan Prinsipnya

Mungkin itu saja penjelasan yang bisa kita bahas mengenai 03 Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dengan pembahasan diatas kita bisa menjadi entreprenaur sejati yang bisa memberikan keuntungan bagi berbagai pihak khususnya diri kita sendiri.