√ 12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Sering kali kita mendengar dan melihat tentang sebuah iklan yang ditayangkan di berbagai media seperti televisi, koran dan majalah-majalah. Banyak juga diantara kita yang termakan oleh iklan-iklan tersebut. Percaya dan ingin mencoba, itulah tujuan dari sebuah pemasaran yang dilakukan melalui pengiklanan oleh berbagai perusahaan dalam menjual produk ataupun jasa. Jadi, apa sebenarnya arti iklan tersebut? Dalam kesempatan ini, seputarpengetahuan.co.id akan merangkum tentang pengertian iklan tersebut menurut pendapat beberapa ahli.

12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian iklan terlebih dahulu dari para ahli.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Berikut ini akan dijelaskan beberapa pengertian iklan menurut para ahli, diantaranya:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan; pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

2. Wikipedia

Iklan atau pariwara merupakan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha atau ide yang harus dibayar oleh sponsor. Dalam dunia manajemen pemasaran, iklan merupakan salah satu dari strategi promosi secara global atau keseluruhan.

Baca Juga:  √ Pengertian Siswa Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

3. Kriyantono (2008)

Mengemukakan bahwa iklan merupakan bentuk komunikasi non-personal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor yang jelas guna untuk mempengaruhi orang agar membeli produk dengan membayar biaya untuk media yang digunakan.

4. Durianto (2003)

Mendefinisikan iklan sebagai proses komunikasi yang tujuannya untuk membujuk atau menggiring orang agar mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

5. Suhandang (2005)

Mengemukakan iklan sebagai salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan.

6. Gilson & Berkman (1980)

Menurut mereka, iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas atau tujuan pemasaran.

7. Russel & Lane (1990)

Mereka berpendapat bahwa iklan ialah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.

8. Wright (1978)

Beliau berpendapat tentang iklan bahwa: iklan merupakan sebuah proses komunikasi yang memiliki kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang sangat membantu dalam menjual barang, memberikan layanan dan gagasan melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi persuasif.

9. Wells (1992)

Mengemukakan bahwa iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor dengan menggunakan media massa dan bertujuan untuk membujuk dan mempengaruhi audience (penonton, pendengar atau pembaca).

Baca Juga:  √ Pengertian Lembaga Pendidikan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

10. Lee (2004)

Menurutnya, iklan ialah sebuah komunikasi komersil dan non-personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke khalayak ramai dengan target melalui media yang bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum.

11. Rhenald Kasali (1992)

Menjelaskan bahwa iklan secara sederhana ialah sebuah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui media.

12. Kotler (2002)

Menjelaskan periklanan sebagai bentuk penyajian dan promosi tentang ide, barang atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.

12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli Terlengkap

Dalam sebuah iklan terdapat unsur-unsur penting yang dapat membedakan iklan dengan bentuk komunikasi lain seperti: gagasan, barang dan jasa, non-personal, sponsor dan pembayaran. Iklan dibuat dengan tujuan untuk mengeksplor dan mengenalkan barang atau jasa kepada khalayak ramai atau masyarakat umum dan mempengaruhinya agar produk yang diiklankan tersebut menarik masyarakat untuk mencoba ataupun membelinya.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang pengertian iklan yang telah kami rangkum menurut pendapat para ahli. Semoga artikel tentang 12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) ini memberikan manfaat bagi para pembaca setia seputarpengetahuan.com dan sekian terimakasih.

5.0
10