√ Mengenal Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya (Terlengkap)

Mengenal Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya (Terlengkap) – Jantung merupakan bagian terpenting dalam tubuh manusia dan merupakan alat peredaran darah yang harus selalu dijaga kesehatannya. Fungsi jantung itu sendiri ialah sebagai alat pemompa darah dan juga sebagai pusat sistem peredaran darah. Karena jantunglah darah dapat dialirkan ke seluruh bagian tubuh.

Mengenal Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya (Terlengkap)

Dalam kesempatan ini, seputarpengetahuan.com akan membahas tentang bagian-bagian jantung manusia dan fungsinya.  Berikut penjelasanya.

Bagian-bagian Jantung Manusia

Jantung manusia terbagi menjadi dua belahan, yakni belahan (dekstra) dan belahan kiri (sinistra). Pada setiap belahan terbagi menjadi dua ruang, yakni serambi (atrium) di bagian atas dan bilik (ventrikel) di bagian kiri.

Atrium & Ventrikel

Jantung manusia itu terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri dan bilik kanan. Adapun dinding bilik itu lebih tebal dari dinding serambi karena kerja ventrikel lebih berat dari atrium yaitu memompa darah. Dinding ventrikel kiri lebih tebal dari dinding ventrikel kanan karena ventrikel kiri bekerja lebih berat yaitu memompa darah ke seluruh bagian tubuh kecuali paru-paru. Sedangkan serambi kanan hanya memompa darah ke paru-paru saja.

Baca Juga:  √ Pengertian Biogas, Kelebihan dan Kekurangannya (Lengkap)

Katup (klep)

Katup terletak diantara serambi dan bilik yang berfungsi untuk mencegah supaya darah tidak mengalir kembali ke serambi.

Dinding jantung

Dinding jantung terdiri atas tiga lapisan, yaitu lapisan terluar yang disebut dengan epikardium, otot jantung disebut dengan miokardium dan lapisan terdalam disebut dengan endokardium. Dinding jantung merupakan bagian terluar yang melapisi jantung dan berfungsi untuk membuat jantung berdetak dan mencegah agar jantung tidak bocor.

Perikardium

Perikardium merupakan lapisan selaput yang membungkus jantung. Diantara perikardium terdapat cairan yang berfungsi untuk menjaga jantung dari guncangan.

Aorta

Aorta merupakan arteri terbesar didalam tubuh yang membawa darah yang mengandung oksigen dari ventrikel kiri ke tubuh. Aorta terletak dibagian atas jantung.

Arteria Pulmonalis

Arteria Pulmonalis merupakan arteri yang mengangkut darah dari jantung ke paru-paru dan berfungsi untuk mengganti CO² dan uap air dalam darah dengan O².

Katup Aorta

Katup Aorta merupakan katup yang memisahkan ventrikel kiri dengan aorta. Fungsinya untuk mengalirkan oksigen didalam darah ke seluruh tubuh.

Katup Mitral

Katup Mitral merupakan katup yang memisahkan atrium dengan ventrikel yang fungsinya menjaga aliran darah dari paru-paru ke ventrikel kiri.

Katup Trikuspidalis atau Trikuspid

Katup Trikuspidalis atau Trikuspid merupakan katup yang dapat terbuka jika sistole berkontraksi. Fungsinya untuk memisahkan serambi kanan dan bilik kanan juga membantu mengalirkan darah dari serambi kanan ke bilik kanan.

Vena Cava

Vena Cava ialah vena utama dalam tubuh yang membawa darah dengan kandungan karbondioksida terbanyak dari kepala dan anggota tubuh bawah ke serambi kanan. Darah ini mengandung CO² karena darah yang dikandung merupakan darah yang telah melewati sistem oksidasi.

Baca Juga:  √ 4 Fungsi Rangka Tubuh Manusia dan Penjelasannya (Lengkap)

Vena cava inferior

Vena cava inferior atau pembuluh balik besar bawah merupakan pembuluh darah yang menerima darah dari seluruh badan dan kedua kaki. Darah yang dibawa mengandung banyak CO².

Mengenal Bagian-Bagian Jantung Dan Fungsinya

Vena Cava Superior

Vena Cava Superior atau pembuluh balik besar dalam tubuh atas merupakan pembuluh darah yang menerima darah dari kepala dan kedua tangan. Vena cava superior ini berfungsi untuk membawa kembali darah dari seluruh tubuh bagian atas ke jantung.

Vena pulmonalis

Vena pulmonalis ialah vena yang membawa darah yang mengandung banyak oksigen dari paru-paru ke jantung tepatnya di serambi kiri. Vena pulmonalis berfungsi untuk membawa darah yang mengandung banyak oksigen kembali ke jantung dan diedarkan ke seluruh tubuh.

Nah itulah ulasan tentang bagian-bagian tubuh dan fungsinya. Semoga artikel tentang Mengenal Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya (Terlengkap) dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Sekian terimakasih 🙂