√ Jenis-jenis Novel dan Contohnya (Pembahasan Terlengkap)

Jenis-jenis Novel dan Contohnya (Pembahasan Terlengkap) – Siapa sih yang tidak kenal dengan Novel, saya yakin hampir semua pembaca pernah membaca sebuah novel, atau paling tidak melihat buku-buku novel yang bertebaran dimana-mana. Sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian novel dan karakteristik novel itu sendiri.

Jenis-jenis Novel dan Contohnya (Pembahasan Terlengkap)

Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan kembali membahas tentang novel khususnya dalam mengenal jenis-jenis novel dan contoh-contohnya.

Jenis-jenis Novel

Disini kita akan membahas jenis-jenis novel yang dikategorikan menjadi 3 bagian, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Novel berdasarkan Genre

Novel memiliki ragam jenis, berdasarkan genrenya, novel terbagi menjadi 5 jenis, yaitu:

Novel romantis

Dimana ceritanya menggambarkan tentang kisah percintaan. Seperti contoh: novel Dalam Mihrab Cinta, Ayat-ayat Cinta, Cinta Suci Zahrana dan lain sebagainya.

Novel misteri

Novel ini ceritanya menggambarkan kisah-kisah atau cerita penuh misteri yang biasanya ceritanya menimbulkan teka-teki dan penasaran si pembaca. Contohnya: Sherlock Holmes, Metropolis, Rebecca dll.

Loading...
Baca Juga:  √ Pengertian Dongeng, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur & Contohnya

Novel horor

Ceritanya berisikan tentang suatu kisah yang menyeramkan, membuat si pembaca merasa tegang, dan berdebar-debar. Biasanya cerita dalam novel ini berkaitan dengan alam-alam ghaib atau makhluk-makhluk ghaib. Contohnya: novel Dracula.

Novel komedi

Berisikan tentang sebuah cerita yang mengandung unsur humoris atau kelucuan dan membuat si pembaca tertawa serta gaya pencitraannya lebih santai. Contohnya: novel Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon.

Novel inspiratif

Berisi tentang cerita yang memberikan inspirasi kepada para pembaca. Tema yang disuguhkan beraneka ragam seperti tentang ekonomi, pendidikan, kehidupan yang serba kekurangan, perjuangan, persahaban dan lain-lain. Contohnya: Laskar Pelangi, Negeri 5 Menara, Sang Pemimpi, 5 Cm.

Novel berdasarkan Kejadian Nyata atau Tidak

Berdasarkan kejadian nyata atau tidaknya, novel terbagi kedalam 2 jenis, yaitu:

Fiksi

Novel fiksi ialah novel yang tidak ada kejadiannya di dunia atau tidak pernah terjadi. Novel ini hanyalah karangan atau fiktif belaka dari pengarangnya juga sebuah khayalan atau imanjinasi penulisnya. Contohnya: Spiderman, Harry Potter, Twilight.

Non fiksi

Merupakan jenis novel yang benar-benar terjadi atau nyata serta pernah ada dan ilmiah. Contohnya: Laskar Pelangi, Sarjana Muda, Semua Ayah Adalah Bintang.

Novel berdasarkan Isi dan Tokohnya

Berdasarkan isi dan tokohnya, novel terbagi menjadi 4 jenis, yakni:

Teenlit

Novel jenis ini berisikan tentang kisah atau cerita seputar kehidupan remaja. Contohnya: Dealova, Rahasia Hati Lelaki, Bisikan Dari Langit, Perahu Kertas dan lain-lain.

Chicklit

Merupakan jenis novel yang berisi tentang cerita seputar wanita muda dan berbagai permasalahan yang dihadapi. Contohnya: novel Pengakuan Si Gila Belanja, Klub Santap Malam Rahasia, Miss Jutek, dll.

Loading...
Baca Juga:  √ Pengertian Novel Menurut Para Ahli dan Unsurnya (Bahas Lengkap)

Jenis-Jenis Novel Dan Contohnya Lengkap

Songlit

Jenis novel yang dibuat berdasarkan cerita dari sebuah lagu. Contohnya: Lelaki Buaya Darat, Ruang Rindu, Sebelum Cahaya.

Novel dewasa

Novel jenis ini berisikan tentang cerita atau kisah orang-orang dewasa dan hanya untuk dinikmati oleh orang-orang dewasa. Contohnya: novel On The Island, Saman dan Larung.

Nah itulah beberapa jenis novel yang bisa kami berikan. Semoga artikel tentang Jenis-jenis Novel dan Contohnya (Pembahasan Terlengkap) dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Sekian terimakasih 🙂

5.0
50
Loading...