√ Cara Kerja Jantung Pada Manusia Lengkap Dengan Penjelasannya

Cara Kerja Jantung Pada Manusia Lengkap Dengan Penjelasannya – Setelah kita mengenal bagian-bagian jantung dan fungsinya, selanjutnya kita akan membahas mengenai cara kerja jantung. Jantung merupakan pusat sistem peredaran darah kita dan merupakan jaringan pembuluh darah yang mangalirkan darah ke seluruh tubuh.

Cara Kerja Jantung Pada Manusia Lengkap Dengan Penjelasannya

Jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh sistem peredaran darah didalam tubuh manusia. Bagaimana jantung bekerja? Berikut penjelasannya.

Cara Kerja Jantung Pada manusia

Jantung bekerja dengan urutan sebagai berikut:

  • Dinding jantung berelaksasi, maka serambi jantung mengembang sehingga darah dari tubuh dan paru-paru masuk ke serambi.
  • Dinding serambi memacu darah melalui katup yang terdapat diantara serambi dan bilik, sehingga darah masuk ke bilik.
  • Dinding bilik berkontraksi, maka darah dengan tekanan tinggi masuk ke arteri, kemudian darah menuju ke paru-paru dan seluruh tubuh.

Jantung berdenyut ketika otot jantung sedang berkontraksi. Denyut jantung dapat kita rasakan dengan cara meraba bagian pergelangan tangan atau leher yakni pada pembuluh nadi atau arteri yang berada didekat permukaan kulit.

*************

Banyaknya denyut jantung per menit pada setiap orang itu berbeda-beda, tergantung pada jenis usianya, berat badan, kondisi tubuh, jenis kelamin dan aktivitas orang tersebut. Misalnya dalam keadaan istirahat, denyut jantung orang dewasa berkisar antara 60-80 denyutan per menit, dalam keadaan duduk kisaran 72 denyutan per menit dan dalam keadaan berdiri berkisar 83 denyutan per menit.

Baca Juga:  √ Pengertian Usus Besar, Struktur, Fungsi dan Bagiannya (Lengkap)

Tensi atau tekanan darah merupakan tekanan yang timbul akibat kerja jantung untuk memompa darah. Dengan demikian, tekanan darah seseorang dapat diukur dengan menggunakan alat yang disebut dengan tensimeter.

Tensi orang dewasa normal adalah 120/80. Nilai 120 menunjukkan tekanan darah ketika bilik berkontraksi yang disebut juga dengan sistol. Sedangkan nilai 80 menunjukkan tekanan darah ketika bilik berelaksasi yang disebut juga dengan diastol. Tekanan darah ini merupakan indikator untuk mengetahui kekuatan jantung dalam memompa darah.

Otot jantung bekerja dengan cara berkontraksi dan berelaksasi. Ketika otot jantung berkontraksi, jantung menguncup sehingga timbul tekanan tinggi yang disebut sistol dan ketika otot jantung berelaksasi maka jantung mengembang sehingga terjadi pengisisan darah kembali disebut diastol.

Cara Kerja Jantung Pada Manusia Lengkap Dengan Penjelasannya

Kesimpulan dari cara kerja jantung ialah darah masuk ke serambi, kemudian darah masuk ke bilik dan darah keluar dari jantung menuju paru-paru dan seluruh bagian tubuh.

Nah itulah penjelasan kita kali ini mengenai Cara Kerja Jantung Pada Manusia Lengkap Dengan Penjelasannya, semoga bermanfaat dan dapat  menambah wawasan kita semua. Sekian terimakasih 🙂

4.9
31