√ 7 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

7 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Dalam sebuah penelitian ilmiah, data merupakan unsur penting yang harus ada, karena dalam semua penelitian itu pasti mengandung data. Tanpa data, penelitian akan mati dan tidak bisa disebut dengan penelitian. Begitu juga dengan kualitas penelitian, sangat ditentukan oleh data yang kita kumpulkan. Jika kualitas data tidak valid atau tidak tepat, maka hasil penelitian menjadi tidak jelas.

7 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Apa yang dimaksud dengan data? lalu apa bedanya dengan informasi? Berikut ini akan dijelaskan oleh para ahlinya.

Pengertian Data

Data merupakan segala sesuatu yang sudah dicatat (recorded). Segala sesuatu itu bisa berbentuk dokumen, air, manusia, batu-batuan, pohon dan lain sebagainya. Segala sesuatu itu sebenarnya adalah sebuah fakta dan fakta itu selalu ada. Fakta juga selalu ada tanpa tergantung pada penamaan kita terhadapnya. Semua fakta bisa menjadi data jika kita mencatatnya (baik tertulis, rekam atau bentuk pengabadian lainnya).

Baca Juga:  √ 10 Pengertian Masalah dan Cara Memperoleh Masalah Penelitian

Oleh karenanya, fakta merupakan bahan baku dalam suatu penelitian ilmiah. Tetapi fakta saja tidak memiliki arti apa-apa jika tidak dicatat, dikelola dan dianalisis dengan baik. Jika data telah diolah dan dinterpretasikan, maka data ini akan berubah menjadi sebuah informasi.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Adapun pengertian data menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Selamet Riyadi

Menjelaskan bahwa data ialah kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan dimana data bisa berupa angka-angka atau lambang.

2. Zulkifli A.M

Data ialah keterangan, bukti atau fakta tentang suatu kenyataan yang masih mentah (original) dan belum diolah.

3. Haer Thalib

Data merupakan sekumpulan fakta yang tak lain adalah sebuah kejadian atau kenyataan.

4. Arikunto

Menurutnya data ialah semua fakta dan angka-angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun sebuah informasi.

5. Kristanto

Data merupakan suatu fakta mengenai objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan atau kejadian.

7 Pengertian Data Menurut Para Ahli Lengkap

6. Wahyu Supriyanto & Ahmad Muhsin

Data merupakan bahan baku dari informasi atau simbol yang mewakili kuantitas, fakta, tindakan, benda dan lain sebagainya.

7. Lia Kuswayatno

Menjelaskan data sebagai suatu kejadian yang benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata.

Demikianlah penjelasan singkat kita kali ini mengenai 7 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, sekian terimakasih.