12 Pengertian Guru Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

12 Pengertian Guru Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kehidupan tidak akan pernah terlepas dari seorang guru. Dari merekalah kita tahu bagaimana cara makan yang baik, cara memakai pakaian, cara mengurus badan, cara memasak, cara membaca ayat Al-Qur’an, cara sholat yang baik, cara menghitung, cara berbicara yang sopan, cara berakhlak yang baik, dan lain sebagainya. Seorang guru adalah suatu pekerjaan yang sangat mulia.

Orang tua adalah guru pertama ketika kita terlahir ke dunia. Mereka yang mengajarkan kita berbicara, berjalan, memegang sesuatu, dan lain sebagainya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran yang luar biasa. Agar perkembangan anak menjadi lebih baik, kita disekolahkan, dari PAUD, TK, SD, SLTP, SLTA sampai pada perguruan tinggi.Tidak hanya dibangku sekolah kita menjumpai seorang guru, tetapi ada guru yang kita temukan di TPA, Masjlis Ilmu, pesantren, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas mengenai pengertian guru, berikut ini akan dijelaskan oleh beberapa ahli di bidangnya.

12 Pengertian Guru Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian guru dengan seksama.

Pengertian Guru

Guru atau disebut juga dengan pendidik dalam bahasa arab ialah mu’allim, sedangkan dalam bahasa inggris ialah teacher.

1. UU no.14 Tahun 2005 tentang Guru

Guru ialah seorang pendidik profesional dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

2. KBBI

Guru ialah orang yang pekerjaan, mata pencaharian, dan profesinya adalah mengajar.

3. Dr. Ahmad Tafsir

Guru (pendidik) ialah siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik. Tugas guru dalam pandangan islam ialah mendidik. Mendidik merupakan tugas yang amat luas. Sebagian dilakukan dengan cara mengajar, sebagian ada yang dilakukan dengan memberikan dorongan, memberi contoh (suri tauladan), menghukum, dan lain-lain.

4. Drs. Moh. Uzer Usman

Guru ialah setiap orang yang memiliki tugas dan wewenang dalam dunia pendidikan dan pengajaran pada lembaga pendidikan formal.

5. Husnul Khotimah

Dalam pegertian yang sederhana, guru  merupakan orang yang memfasilitasi proses peralihan ilmu pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik (muridnya).

6. Ahmadi

Guru atau pendidik berperan sebagai pembimbing dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Menyediakan keadaan-keadaan yang memungkinkan peserta didik merasa nyaman dan yakin bahwa kecakapan dan prestasi yang dicapai akan mendapat penghargaan dan perhatian sehingga dapat meningkatkan motivasi berprestasi peserta didiknya.

7. Dri Atmaka

Guru merupakan orang dewasa yang bertanggung jawab dalam memberikan pertolongan dalam perkembangan anak didik, baik jasmani maupun rohaninya. Agar dapat mencapai tingkat kedewasaannya yakni mampu berdiri sendiri dalam memenuhi tugasnya sebagai mahluk Tuhan, mahluk sosial dan mahluk individu yang mandiri.

8. Ngalim Purwanto

Guru adalah orang yang pernah memberikan suatu ilmu atau kepandaian kepada seseorang maupun kepada sekelompok orang.

9. Noor Jamaluddin

Guru ialah pendidik, yakni orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar dapat mencapai kedewasaannya, yaitu mampu berdiri sendiri dan dapat melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah khilafah di muka bumi, sebagai makhluk sosial dan makhluk individu yang mampu berdiri sendiri.

12 Pengertian Guru Menurut Para Ahli Terlengkap

10. Mulyasa

Menurutnya guru atau pendidik haruslah memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional.

11. Hadari Nawawi

Menurutnya guru diartikan kedala dua sisi. Yaitu pengertian guru secara sempit ialah ia yang berkewajiban mewujudkan program kelas, yakni orang yang kerjaannya mengajar dan memberikan pelajaran didalam kelas. Sedangkan pengertian guru secara luas ialah orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang ikut bertanggung jawab dalam membantu anak-anak dalam mencapai kedewasaannya masing-masing.

12. Purwanto

Guru ialah orang yang diserahi tanggung jawab sebagai pendidik di dalam lingkungan sekolah.

Pada intinya guru adalah seseorang yang berjasa dalam memberikan pengetahuan dan ilmu yang belum pernah kita dapatkan dan membantu mengembangkan bakat yang terpendam dalam diri kita. Mereka adalah orang yang mengajarkan kepada kita tentang sesuatu yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri, keluarga,  maysarakat, agama serta bangsa.

Demikianlah penjelasan kita mengenai 12 Pengertian Guru Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat menambah wawasan kita dan bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Baca juga:

Daftar Isi