6 Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

6 Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Sehat merupakan anugrah yang patut disyukuri olah setiap manusia. Kesehatan jika terganggu akan membuat semuanya menjadi tidak tenang, makan susah, aktivitas terhambat, badan sakit, dan lain sebagainya. Lalu apa sih pengertian kesehatan itu? Semua pasti sudah bisa menjawab, bahwa kesehatan merupakan keadaan atau kondisi tubuh yang tidak lemah, fit, bugar, dan tidak ada gejala atau penyakit yang bersarang didalam tubuh yang dapat menghambat segala bentuk aktivitas. Ada beberapa ahli yang menyatakan pendapatnya mengenai arti dari kesehatan. Meskipun berbeda dalam keta, namun intinya adalah sama. Berikut beberapa ahli yang menjelaskan tentang pengertian kesehatan.

6 Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Marikita bahas pengertian kesehatan dengan seksama.

Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kesehatan ialah keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan. Sedangkan dalam Piagam Ottawa dikatakan bahwa kesehatan merupakan sumber daya bagi kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup. Kesehatan ialah konsep positif yang menekankan pada sumber daya pribadi,sosial dan kemampuan fisik.

1. Undang-Undang No 23 Tahun 1992

Kesehatan merupakan keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

2. Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam musyawarah Nasional Ulama pada tahun 1983

Meyebutkan bahwa kesehatan merupakan ketahanan jasmani, rohani, dan sosial yang dimiliki oleh manusia sebagai karunia dari Allah yang wajib disyukuri dengan cara mengamalkansegala ajaranNya.

3. Perkins

Menyatakan bahwa kesehatan merupakan suatu keadaan yang seimbang dan dinamis antara bentuk & fungsi tubuh juga berbagai faktor yang mempengaruhinya.

4. Paune

Mengemukakan kesehatan sebagai fungsi yang efektif dari sumber-sumber perawatan diri yang menjamin sebuah tindakan untuk perawatan diri. Kesehatan merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukannya untuk mendapatkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi psikososial & spiritual.

5. Neuman

Menyatakan bahwa kesehatan adalah suatu keseimbangan biopsiko, sosio, kultural dan spiritual pada tiga garis pertahanan yang fleksibel, normal dan resisten.

6. White

Menjelaskan sehat sebagai suatu keadaan dimana seseorang pada waktu diperiksa tidak memiliki keluhan apapun atau tidak ada tanda-tanda kelainan atau penyakit.

Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli Terlengkap

Kesehatan merupakan tingkat efisiensi fungsional dari makhluk hidup. Pada manusia, kesehatan merupakan kondisi umum dari pikiran dan tubuh seseorang, yang berarti bebas dari segala gangguan penyakit dan kelainan. Sehingga makna kesehatan sendiri yaitu sebuah kondisi dimana seseorang mengalami keadaan yang normal dan sesuai dengan apa yang seharusnya. Jadi, kesehatan itu sebenarnya adalah sebuah tolak ukur dari suatu keadaan dimana keadaan tersebut normal atau tidaknya.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai arti dari kesehatan. Semoga artikel mengenai 6 Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), bisa bermanfaat bagi para pembaca dan sekian terimakasih.

Baca juga:

Daftar Isi