√ Unsur Cuaca dan Iklim (Pembahasan Terlengkap)

Unsur Cuaca dan Iklim (Pembahasan Terlengkap) – Pada kesempatan kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai cuaca dan iklim. Apa yang akan kita bahas? Mari simak uraian dibawah ini.

Unsur Cuaca dan Iklim (Pembahasan Terlengkap)

Mari kita bahas pengertian cuaca dan iklim terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Cuaca dan Iklim

Cuaca adalah keadaan udara yang terjadi pada waktu dan daerah tertentu. Ilmu yang mempelajari cuaca adalah meteorologi. Biasanya cuaca dapat berubah-ubah tiap waktu. Iklim adalah keadaan cuaca rata-rata pada daerah yang luas dalam waktu yang lama. Ilmu yang mempelajari tentang iklim disebut klimatologi.

Iklim mempunyai sifat tetap, meliputi tempat yang luas, dan berlaku untuk waktu lama. Iklim dan cuaca terbentuk dari unsur yang sama, diantaranya suhu udara, kelembapan udara, tekanan udara, angin, awan dan curah hujan.

Suhu Udara

Suhu udara adalah keadaan panas atau dinginnya udara.

Faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya suhu udara suatu daerah adalah:

Lama penyinaran matahari

Lama penyinaran matahari dikatakan 100% jika matahari menyinari suatu daerah kurang lebih 8 jam, berarti keadaan daerah tersebut cerah dan tidak tertutup awan. Alat yang digunakan untuk mengukur lamanya penyinaran matahari adalah heliograf. makin lama penyinaran maka makin lama panas yang terjadi di permukaan bumi.

Baca Juga:  √ Pengertian Abrasi Menurut Para Ahli, Faktor & Dampaknya (Lengkap)

Sudut datang sinar matahari

Sudut datang sinar matahari adalah sudut yang dibentuk oleh arah datangnya sinar matahari terhadap permukaan bumi. Bentuk bumi yang bulat sangat berpengaruh terhadap sudut datang sinar matahari ke permukaan bumi.

Relief permukaan bumi

Perbedaan suhu udara terjadi karena adanya perbedaan relief permukaan bumi.

Kejernihan atmosfer

Besarnya panas matahari yang sampai ke permukaan bumi dipengaruhi oleh kejernihan atmosfer. Hal ini dikarenakan gas-gas yang terdapat pada atmosfer berpengaruh terhadap pemantulan sinar matahari.

Matahari merupakan sumber panas. Pemanasan udara dapat terjadi melalui dua proses pemanasan, yaitu pemanasan langsung dan pemanasan tidak langsung.

Pemanasan secara langsung

Pemanasan secara langsung dapat terjadi melalui beberapa proses sebagai berikut:

  • Proses absorbsi adalah penyerapan unsur-unsur radiasi matahari, misalnya sinar gama, sinar-X dan ultraviolet. Unsur-unsur yang menyerap radiasi matahari tersebut adalah oksigen, nitrogen, ozon, hidrogen dan debu.
  • Proses refleksi adalah pemanasan matahari terhadap udara tetapi dipantulkan kembali ke angkasa oleh butir-butir air (H2O), awan dan partikel-partikel lain di atmosfer.
  • Proses difusi ialah sinar matahari mengalami difusi berupa sinar gelombang pendek biru dan embayung berhamburan ke segala arah. Proses ini menyebabkan langit berwarna biru.

Unsur-Unsur Cuaca Dan Iklim Lengkap Penjelasannya

Pemanasan tidak langsung

Pemanasan tidak langsung dapat terjadi dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Konduksi adalah pemberian panas oleh matahari pada lapisan udara bagian bawah kemudian lapisan udara tersebut memberikan panas pada lapisan udara diatasnya. Molekul udara yang sudah panas mempengaruhi molekul udara yang belum panas sehingga menjadi sama-sama panas.
  • Konveksi adalah pemberian panas oleh gerak udara vertikal keatas. Penyebaran panas ini terjadi akibat gerakan udara secara vertikal, sehingga udara diatasnya yang belum panas akan menjadi panas karena pengaruh udara dibawahnya yang sudah panas.
  • Adveksi adalah pemberian panas oleh gerak udara yang horizontal. Penyebaran panas ini terjadi karena gerakan udara panas secara horizontal dan menyebabkan udara disekitarnya menjadi panas.
  • Turbulensi adalah pemberian panas oleh gerak udara yang tidak teratur dan berputar-putar ke atas tetapi ada sebagian panas yang dipantulkan kembali ke atmosfer.
Baca Juga:  √ 19 Pengertian SIG Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Nah inilah ulasan tentang Unsur Cuaca dan Iklim (Pembahasan Terlengkap) yang dapat anda simak dengan jelas, semoga dapat menambah pengetahuan anda, terimakasih.

sumber by: Geografi SMA kelas X Aspirasi