√ Pengertian Protein dan Fungsinya Bagi Tubuh (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Protein dan Fungsinya Bagi Tubuh (Pembahasan Lengkap) – Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tidak kalah pentingnya dengan fungsi vitamin yang sebelumnya telah dibahas. Protein juga memiliki peran yang amat penting bagi kesehatan tubuh kita, jika kekurangan protein maka akan menyebabkan busung lapar dan penyakit kwashioskor. Dimana busung lapar terjadi pada orang dewasa dan kwashiorkor terjadi pada anak-anak.

Pengertian Protein dan Fungsinya Bagi Tubuh (Pembahasan Lengkap)

Pada kesempatan kali ini, seputarpengetahuan.com akan membahas tentang pengertian protein dan fungsi-fungsinya bagi tubuh kita. Berikut penjelasannya.

Pengertian Protein Dan Fungsi Protein

Protein merupakan zat makanan yang atau kelompok makromolekul yang mengandung unsur C (Karbon), H (Hidrogen), O (Oksigen), N (Nitrogen) dan asam amino. Beberapa protein juga mengandung unsur S (Belerang) dan P (Fospor). Unsur yang membedakan protein dengan lemak ialah unsur N (Nitrogen). Protein merupakan salah satu sumber energi manusia. Namun tidak sebanding dengan karbohidrat yang merupakan sumber energi yang paling utama bagi tubuh manusia.

Jons Jakob Berzelius merupakan penemu protein pertama kali pada tahun 1838. Adapun asal atau sumber protein itu berasal dari makanan yang sering kita konsumsi setiap hari.

Protein bisa berasal dari hewan seperti daging, telur, ikan, keju. Yang disebut juga dengan protein hewani. Sedangkan protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan pada umumnya terdapat pada kacang-kacangan. Protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan disebut juga dengan protein nabati. 1 gram protein dapat menghasilkan energi sebesar 4,1 kalori.

Baca Juga:  √ Pengertian Gastritis, Tanda, Gejala & Faktor Penyebab (Lengkap)

Pada balita, anak-anak dan lansia sangat membutuhkan protein yang lebih karena diperlukan untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak. Protein yang diserap oleh tubuh adalah yang berbentuk asam amino.

Pengertian Protein Dan Fungsi Protein Bagi Tubuh

Fungsi Protein

Adapun fungsi-fungsi protein diantaranya ialah:

  • Sebagai zat pembangun tubuh dan mengganti sel-sel yang rusak dengan pembentukan sel-sel baru.
  • Sebagai sumber energi jika karbohidrat dan lemak dalam makanan tidak cukup atau tidak ada.
  • Sebagai pengatur dalam proses metabolisme didalam tubuh yang berbentuk hormon dan enzim.
  • Untuk pertahanan tubuh atau anti body dalam melawan berbagai mikroba yang keluar masuk tubuh manusia.
  • Protein dapat membantu pertumbuhan pada bayi ataupun anak-anak.
  • Membantu dalam pembentukan sel-sel baru pada lansia.

Nah itulah beberapa fungsi protein bagi tubuh kita, semoga pembahasan kali ini mengenai Pengertian Protein dan Fungsinya Bagi Tubuh (Pembahasan Lengkap) dapat memberikan manfaat. Sekian dan terimakasih.

5.0
06