Pengertian Pertumbuhan & Perkembangan Pada Makhluk Hidup

Pengertian Pertumbuhan & Perkembangan Pada Makhluk Hidup – Pertumbuhan dan perkembangan selalu dikaitkan, padahal keduanya memiliki arti yang berbeda. Pertumbuhan pada tumbuhan dapat dilihat dari bertambah besar dan tingginya pohon. Sedangkan perkembangan pada tumbuhan dapat dilihat dari adanya perubahan-perubahan pada bentuk batang, daun, akar, munculnya bunga, dan buah.

Adapun pertumbuhan pada hewan dapat dilihat dari semakin besarnya badan hewan tersebut, sedangkan perkembangan pada hewan dapat terlihat dari perubahan tubuh dan kelakuan hewan tersebut.

Begitu pula pada manusia, pertumbuhan pada manusia dapat dilihat dari bertambah besar dan tingginya tubuh. Sedangkan perkembangan pada manusia dapat dilihat baik secara fisik maupun psikis. Secara fisiknya misalnya, terjadi perubahan bentuk tubuh dari anak-anak menuju dewasa.

Secara psikis anak-anak biasanya agak manja, membutuhkan perlindungan dari orang-orang dewasa, namun setelah menginjak remaja dan dewasa maka ia akan lebih mandiri. Perubahan makhluk hidup dari muda menjadi tua juga merupakan salah satu bentuk perkembangan. Lalu apa sih pengertian pertumbuhan dan perkembangan itu sendiri? yuk kita simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan

Adapun pengertian keduanya yaitu:

Pertumbuhan menurut Kartono ialah perubahan ‎secara fisiologis sebagai suatu hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik, yang ‎berlangsung normal pada diri makhluk yang sehat dalam peredaran waktu tertentu.

Pengertian Pertumbuhan & Perkembangan Pada Makhluk Hidup

Pertumbuhan menurut Crow and Crow ialah terjadinya perubahan-perubahan fungsional & struktural dalam pembentukan seseorang ‎secara jasmaniah dari saat masih terbentuk konsepsional (janin) melalui periode ‎prenatal (dalam kandungan), postnatal (lahir) sampai pada kedewasaannya.

Pertumbuhan ialah bertambah besar, volume dan jumlah sel tubuh yang bersifat irrevesible (tidak kembali lagi ke ukuran semula).

Perkembangan ialah suatu proses menuju kedewasaan yaitu pemasakan sel kelamin sehingga dapat melangsungkan terjadinya reproduksi.

Perkembangan menurut Syamsul Yusuf ialah suatu perubahan-perubahan yang terjadi oleh seseorang individu ataupun organisme menuju kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan, baik secara fisik maupun psikis.

Baca Juga:  √ Bagian-Bagian Gigi, Jenis Dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Nah itulah pembahasan singkat mengenai Pengertian Pertumbuhan & Perkembangan Pada Makhluk Hidup, semoga bermanfaat. Sekian terimakasih 🙂

Pengertian Pertumbuhan & Perkembangan Pada Makhluk Hidup
Like Postingan Ini