√ Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh (Bahas Lengkap)

Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh (Bahas Lengkap) – Makanan diperlukan oleh tubuh yang paling utama adalah sebagai sumber energi. Salah satu sumber energi yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh ialah karbohidrat, protein dan lemak. Seputar Pengetahuan kali ini akan membahas mengenai pengertian karbohidrat dan fungsinya bagi tubuh serta jenis-jenis karbohidrat. Berikut pembahasannya.

Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Karbohidrat

Karbohidrat atau juga sering disebut dengan hidrat arang merupakan zat penghasil kalori dengan angka kalori 4. Karbohidrat merupakan zat makanan yang mengandung unsur C (Karbon), H (Hidrogen), dan O (Oksigen).

Karbohidrat dipecah menjadi molekul gula yang lebih sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan galaktosa pada sistem pencernaan. Molekul gula inilah yang diserap oleh tubuh.  Kelebihan karbohidrat akan disimpan di dalam hati atau otot dalam bentuk glikogen dan di daerah perut, sekeliling ginjal, atau di bawah kulit dalam bentuk lemak.

Makanan sebagai sumber energi karbohidrat antara lain: nasi, gandum, jagung, singkong, sagu, kentang, roti, dan ubi-ubian.

Fungsi Karbohidrat

Adapun fungsi karbohidrat diantaranya ialah sebagai sumber energi. Selain itu, karbohidrat juga berfungsi sebagai bahan pembentuk zat makanan lain seperti lemak dan protein untuk menjaga keseimbangan asam dan basa, serta berperan dalam pembentukan sel, jaringan, dan organ tubuh.

Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan tubuh seseorang menjadi kurus dan lemah. Jika kekurangan karbohidrat terjadi secara terus menerus maka dapat megakibatkan semangat kerja menurun, rentannya daya tahan tubuh, dan sering gugup.

Baca Juga:  Struktur Batang Pada Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil
Loading...

Jenis Karbohidrat

Jenis-jenis karbohidrat ada tiga macam, yakni:

Monosakarida

Yang termasuk kedalam monosakarida ialah berbagai jenis gula yaitu: glukosa, fruktosa dan galaktosa. Contohnya pada madu, susu dan buah-buahan.

Disakarida

Disakarida disebut juga sebagai gula kompleks. Jenis gula yang termasuk disakarida ialah sukrosa, laktosa, dan maltosa. Gula sukrosa banyak terkandung pada batang tebu.

Loading...

Polisakarida

Merupakan jenis karbohidrat kompleks yang berupa tepung-tepungan. Beberapa jenis polosakarida antara lain: amilum, selulosa dan glikogen. Segala jenis padi-padian seperti jagung, beras, dan gandum mengandung karbohidrat berupa amilum. Kentang dan berbagai jenis ubi-ubian juga mengandung amilum.

Pengertian Karbohidrat Dan Fungsinya Bagi Tubuh

Berikut ini beberapa pernyataan yang menerangkan tentang pencernaan karbohidrat:

  • Polisakarida seperti amilum dapat dicerna oleh sistem pencernaan menjadi disakarida.
  • Disakarida akan dicerna lebih lanjut menjadi monosakarida.
  • Tenaga dihasilkan oleh proses metabolisme monosakarida di dalam sel.
  • Glukosa berperan sangat penting didalam proses pembentukan tenaga ini.
  • Karbohidrat sangat penting untuk peningkatan daya tahan tubuh
  • Karbohidrat juga mengandung serat yang cukup besar sehingga konsumsi karbohidrat sangat baik bagi pencernaan.
  • Konsumsi karbohidrat yang berlebih dapat meningkatkan resiko terjadinya kencing manis dan juga obesitas.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh (Bahas Lengkap), semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan sekian terimakasih 🙂

√ Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh (Bahas Lengkap)
5 (100%) 8 votes