√ Bagian-Bagian Gigi, Jenis Dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Bagian-Bagian Gigi, Jenis Dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap) – Gigi merupakan salah satu alat dalam sistem pencernaan manusia yang berada di dalam mulut. Tanpa adanya gigi, kita akan kesulitan memakan makanan karena gigi memiliki fungsi sebagai alat pemotong makanan menjadi bagian-bagian kecil dan menghaluskannya sehingga mudah untuk ditelan.

Bagian-Bagian Gigi, Jenis Dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Dalam kesempatan ini, seputarpengetahuan.com akan membahas tentang bagian-bagian gigi, jenis-jenis gigi dan fungsi-fungsinya.

Bagian-Bagian Gigi

Gigi terdiri atas beberapa bagian, diantaranya adalah mahkota gigi, leher gigi, akar gigi, lapisan email, dentin, rongga gigi dan sementum. Mahkota gigi atau korona ini merupakan bagian yang menonjol dari rahang dan tampak diatas gusi. Pada bagian luarnya dilapisi oleh lapisan putih, mengkilat, tersusun dari kristal yang mengandung keratin dan berfungsi untuk melindungi tulang gigi agar tidak mudah rusak.

Lapisan ini disebut dengan lapisan email. Leher gigi atau kolum merupakan bagian gigi yang ada didalam gusi dan terlindungi serta menjadi batas antara akar gigi dan mahkota gigi. Sedangkan Akar gigi atau radiks itu sendiri merupakan bagian gigi yang ada di dalam rahang dan tertanam atau menancap pada tulang rahang.

Baca Juga:  √ Pengertian Kelenjar Piutari (Hipofisis), Fungsi, Struktur Anatominya

Gigi terbentuk dari tulang gigi atau sering disebut dengan dentin, yang didalamnya terdapat rongga gigi atau pulp yang berisi pembuluh darah dan saraf.

Email dapat rusak oleh bakteri perusak gigi karena sisa makanan yang mengandung gula diubah oleh bakteri menjadi zat yang bersifat asam yang melarutkan email sehingga lapisan email rusak. Jika email rusak maka gigi tidak ada yang melindungi dari bakteri perusak gigi sehingga membuat gigi berlubang dan akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang luar biasa jika menembus tempat serabut saraf.

Beberapa cara untuk mencegah terjadinya kerusakan email antara lain:

  • Rutin dan teratur dalam menggosok gigi minimal 2x dalam sehari dan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida.
  • Memakan makanan yang mengandung kalsium, vitamin C dan garam-garam mineral.
  • memeriksakan gigi secara teratur setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Sedangkan sementum merupakan bagian dari akar gigi yang melindungi akar gigi dan membantu untuk menjadi perekat gigi pada gusi.

Jenis-Jenis Gigi Dan Fungsinya

Berdasarkan bentuk dan fungsinya, gigi manusia dibagi menjadi empat jenis yaitu sebagai berikut:

Gigi Seri

Gigi seri ini berbentuk pipih dan tajam. Fungsinya untuk mengiris makanan.

Gigi taring

Ujung gigi taring berbentuk runcing dan memiliki fungsi untuk mencabik dan menyobek makanan.

Gigi geraham depan (pramolar)

Bentuk gigi geraham depan berlekuk-lekuk dan berfungsi untuk mengiris dan melembutkan makanan.

Bagian-Bagian Gigi, Jenis Dan Fungsinya Lengkap

Gigi geraham belakang (molar)

Bentuk gigi geraham belakang berlekuk-lekuk dan berfungsi untuk melembutkan makanan.

Baca Juga:  √ Cara Efektif Penanganan Limbah Padat (Pembahasan Lengkap)

Nah itulah beberapa penjelasan singkat mengenai Bagian-Bagian Gigi, Jenis Dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap), semoga dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca sekalian. Sekian terimakasih 🙂

5.0
09