√ 10 Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN)

10 Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN) – UN merupakan ujian step terakhir dalam sebuah pendidikan, dimana hasilnya akan menentukan lulus atau tidaknya para siswa dalam mencapai studi yang telah ditetapkan.

10 Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN)

Sudah banyak tips-tips jitu yang diberikan kepada para siswa sebelum mengikuti UN di sekolahnya masing-masing, namun kali ini Seputar Pengetahuan akan membagikan tips-tipsnya dan pastinya tidak jauh-jauh dari tips yang diberikan oleh orang tua, guru, kepala sekolah ataupun orang-orang terkait demi kesuksesan para peserta didiknya.

Tips Sukses Ujian Nasional

ada beberapa tips yang bisa diterapkan dan dipraktekkan untuk para peserta didik yang akan menghadapi UN. Berikut tips-tipsnya.

1. Pelajari Latihan Contoh-Contoh Soal

Jangan biasakan belajar dengan menggunakan SKS (sistem kebut semalam). Besok Ujian, malamnya baru buka buku. Cobalah untuk mempersiapkannya jauh-jauh hari. Kumpulkan bekas-bekas soal ulangan, soal try out, buku-buku yang diperjualbelikan di toko-toko buku. Semakin banyak membaca dan mempelajari soal-soal latihan, maka dengan melakukan hal tersebut, maka akan terbiasa dan lebih relax dalam mengerjakan UN nantinya.

Baca Juga:  √ Pengertian Transportasi, Fungsi dan Manfaatnya (Bahas Lengkap)

2. Mengikuti kursus-kursus atau bimbel

Jauhkan rutinitas yang membuat Anda tidak konsen belajar, mintalah persetujuan orang tua untuk memasukkan Anda pada lembaga khusus yang menangani bimbingan belajar sesuai dengan kebutuhannya. Dalam bimbel yang diikuti, pasti akan mendapatkan kisi-kisi Ujian Nasional, maka pelajarilah dan terus dilatih, tanyakan apa yang belum dimengerti dan di pahami.

3. Membuat catatan kecil

Ini merupakan salah satu tips jitu, cobalah lakukan langhkah ini. Yaitu membuat catatan kecil yang berkaitan dengan pelajaran yang masuk kedalam Ujian Nasional. Buatlah yang menurut Anda itu sulit dan membutuhkan pengulangan dalam mengingatnya. Setiap mata pelajaran satu catatan kecil yang bertuliskan beberapa point dan inti dari kisi-kisi UN yang menurut Anda sukar.

4. Membuat jadwal rutin belajar

Diluar jam sekolah dan kursus-kursus, luangkan waktu dalam setiap harinya minimal 2-3 jam untuk belajar. Jika belajar dilakukan secara konsisten dari jauh-jauh hari sebelum waktu UN tiba, InsyaAllah kemungkinan berhasil lebih besar.

5. Aktif didalam kelas

Gunakan waktu sebaik mungkin. Jika dalam mempelajari soal-soal di rumah atau sedang belajar mengalami kesulitan atau kurang paham, tanyakanlah kepada guru di dalam kelas. Banyak-banyak bertanya agar kesulitan-kesulitan yang dihadapi berkurang.

6. Buatlah kelompok belajar

Teman-teman yang bisa diandalkan dalam setiap mata pelajaran bisa dijadikan alternatif untuk menambah motivasi dan semangat belajar. Buatlah kelompok belajar bersama teman-teman yang saling mendukung dan memotivasi.

Baca Juga:  √ Pengertian Keterampilan, Menurut Para Ahli dan Macamnya

7. Menjaga kesehatan tubuh

Belajar dan terus belajar, namun tetap kondisi kesehatan tetap fit. Minumlah air putih sebanyak 2 liter dalam sehari dan minumlah vitamin-vitamin yang baik untuk kehatan tubuh dan otak.

8. Istirahat yang cukup

Menjelang UN tiba, cukupkan waktu istirahat dengan tidur yang cukup. Jangan  sampai disibukkan dengan tumpukan-tumpukan buku sebagai alas tidur. Setelah waktu istirahat dirasa cukup, bukalah kembali catatan kecil yang berisikan ringkasan-ringkasan mata pelajaran yang akan dihadapi.

9. Jangan tegang

Hadapilah UN dengan slow but sure, santai aja tapi tetap serius dan pasti. Mengerjakan soal tidak perlu terburu-buru. Kerjakan dari soal termudah terlebih dahulu.

10 Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN)

10. Banyak berdoa

Berdoa merupakan senjatanya orang mukmin atau beriman. Oleh karenanya, jangan lupa untuk terus berdoa agar selalu diberi kemudahan, kelancaran, tidak ada suatu halangan apapun dan semoga diberikan kesuksesan dalam mengerjakan soal.

Nah itulah beberapa 10 Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN). Semoga bermanfaat dan peserta didik yang akan menghadapu UN dapat diberi kemudahan dan kelancaran serta kesuksesan yang dihasilkan. Sekian terimakasih 🙂