√ Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional dan Irasional (Lengkap)

Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional dan Irasional (Lengkap) – Apa yang ada dibenak kalian jika mendengar tindakan ekonomi? Apakah itu berarti kita harus bertindak untuk menjalankan sebuah perekonomian? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional dan Irasional (Lengkap)

Secara garis besar tindakan ekonomi dapat dibedakan menjadi tindakan ekonomi rasional dan tindakan ekonomi irasional. Berikut penjelasannya.

Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan ekonomi rasional adalah setiap tindakan manusia yang dilandasi atas dasar pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan. Dengan demikian manusia dapat meningkatkan kehidupan ekonominya.

Kata rasional mempunyai arti pikiran atau pertimbangan yang logis atau masuk akal. Artian tindakan ekonomi rasional sendiri adalah setiap tindakan manusia yang dilandasi atas dasar pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan.

Tindakan yang rasional diperlukan oleh manusia baik dalam kehiudpan sehari-hari maupun dalam melakukan usaha. Berdasarkan pertimbangan untung rugi, manusia dapat meningkatkan kehidupan ekonominya. Pertimbangan yang rasional dimulai dari hal kecil sampai hal yang besar.

Ciri-ciri Tindakan Ekonomi Rasional

Ciri-ciri tindakan ekonomi yang rasional adalah sebagai berikut.

  • Tindakan ekonomi itu untuk memperoleh kepuasan maksimal dengan pengorbanan minimal. Hal itu dalam ilmu ekonomi dinamakan prinsip ekonomi.
  • Tindakan ekonomi itu didorong oleh suatu kepentingan. Dorongan semacam itu dalam ilmu ekonomi dinamakan motif ekonomi.
Baca Juga:  √ Pengertian Tindakan Ekonomi dan Penjelasannya Secara Umum

Dengan demikian, tindakan ekonomi secara rasional berintikan sebagai berikut.

  • Penghematan.
  • Mendatangkan keuntungan.
  • Tepat pelaksanaannya.

Adapun tindakan-tindakan yang didasari tindakan ekonomi rasional. Contohnya, para siswa baru membeli pakaian seragam karena harganya lebih murah jika dibandingkan menjahit ditukang jahit.

Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional Dan Irasional

Pertimbangan rasional juga sangat penting dalam dunia usaha. Misalnya, dalam menentukan bahan baku yang termurah namun tetap sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan. Solusinya, perusahaan dapat saja mencari supplier (perusahaan yang menyediakan bahan baku) yang memberikan harga paling rendah.

Dapat juga dengan cara langsung membeli pada daerah asal bahan baku tersebut. Dengan demikian, perusahaan akan mendapatkan harga bahan baku yang murah, sehingga lebih menguntungkan.

Tindakan ekonomi selain dilakukan oleh perseorangan dan kewirausahaan juga dilakukan oleh pemerintah. Misalnya, pemerintah mengeluarkan peraturan yang mengajak masyarakat untuk memilih konsumsi yang terjangkau yang disesuaikan dengan kebutuhan dan pendapatannya, serta pemerintah membangun jalan dan jembatan agar hubungan satu tempat dengan tempat lainnya berjalan lancar.

Pengertian Tindakan Ekonomi Irasional

Tindakan ekonomi irasional adalah setiap tindakan manusia dimana menurut perkiraan akan lebih menguntungkan tetapi kenyatan justru merugikan. Seseorang yang bertindak irasional biasanya tidak mempertimbangkan factor biaya, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan.

Contohnya, ibu membeli beras dipasar yang jaraknya lebih jauh dengan alasan harga berasnya lebih murah, padahal jika dihitung total ongkos yang dikeluarkan adalah sama atau bahkan lebih mahal.

Baca Juga:  √ Pengertian Ergonomi, Tujuan, Manfaat, Prinsip dan Ruang Lingkupnya

Demikianlah pembahasan singkat kita mengenai Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional dan Irasional (Lengkap), semoga bermanfaat buat kita semua. Terimakasih.

4.8
110