Pengertian Vitamin, Macam dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Vitamin, Macam dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap) – Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh, meskipun dalam jumlah yang sedikit, namun memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam kesempatan ini, Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai pengertian vitamin, macam-macam vitamin dan fungsi vitamin.

Pengertian Vitamin, Macam dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Vitamin

Vitamin merupakan zat kimia yang terdapat didalam zat makanan. Jika tubuh kekurangan vitamin, maka akan mengakibatkan terjadinya penyakit avitaminosis.

Macam-Macam Dan Fungsi Vitamin

Adapun fungsi vitamin secara umum ialah sebagai berikut.

  • Berperan dalam pertumbuhan dan pembentukan sel
  • Mempertahankan fungsi jaringan agar tetap normal
  • Sebagai ko-enzim yang berperan sebagai biokatalisator, yang membantu mempercepat reaksi-reaksi zat didalam tubuh.

Berdasarkan pelarutnya, vitamin terbagi menjadi dua macam yaitu: vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan C. Dan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D,E,& K.

Vitamin Yang Larut Dalam Air

Berikut ini adalah vitamin yang larut dalam air.

Vitamin B

Macam-macam vitamin B yaitu: B1, B2, B3, B5, B6, B11, dan B12.

Vitamin B1 berfungsi untuk membantu metabolisme karbohidrat, penyerapan air dan lemak. Sumber vitamin ini berasal dari hati, ragi, daging, kacang-kacangan, ikan dan kulit ari padi. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penyakit beri-beri, terhentinya pertumbuhan dan menurunnya selera makan. Vitamin B1 dibutuhkan tubuh sebanyak 2mg/hari.

Vitamin B2 berfungsi untuk merangsang saraf mata & melancarkan oksidasi zat makanan. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan katarak atau pengelihatan kabur, luka disekitar sudut mulut, dan terhentinya pertumbuhan. Sumber vitamin ini berasal dari hati, telur, keju, ragi, sayuran dan beras.Vitamin B2 dibutuhkan tubuh sebanyak 1,6 mg/hari.

Vitamin B3 berfungsi untuk mendorong proses pertumbuhan sel, pembongkaran karbohidrat, dan mencegah penyakit pelagra. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penyakit anemia, diare, pendarahan di gusi dan dimensia (pelupa atau pun mudah lelah). Suber vitamin ini berasal dari kedelai, usus, bayam, kol dan tomat. Vitamin B3 dibutuhkan tubuh sebanyak 100 mg/hari.

Vitamin B5 berfungsi untuk memelihara konsentrasi gula darah yang normal. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penyakit radang kulit, menurunnya nafsu makan & insomnia. Vitamin ini bersumber dari sayur-sayuran, buah-buahan, kuning telur dan daging.

Vitamin B6 berfungsi untuk pertumbuhan, merangsang kerja urat saraf & pembuatan sel darah. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penyakit pelagra & sulit buang air besar. Sumber vitamin ini berasal dari biji-bijian, sayuran dan buah-buahan.

Vitamin B11 berfungsi untuk pembentukan sel darah. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan gejala anemia yang akut.

Vitamin B12 berfungsi untuk mencegah penyakit anemia akut. Sumber vitamin ini berasal dari susu, hati dan ikan.

Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk mempertahankan utuhnya zat perekat antarsel, pertumbuhan dinding kapiler, mencegah infeksi hidung dan kerongkongan, memelihara kesehatan jaringan epitel, mempercepat proses pembentukan sel darah merah dan mempengaruhi kerja anak ginjal.

Kelebihan mengkonsumsi vitamin C tidak berbahaya bagi tubuh karena larut dalam air. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit skorbut dengan gejala seperti gusi berdarah, gigi mudah goyang, dan lambatnya penyembuhan luka. Sumber vitamin C dapat ditemukan pada buah-buah segar, sayur dan hati. Untuk bayi vitamin C dibutuhkan sebanyak 30 mg/hari, anak-anak sebanyak -+ 60mg/hari, dewasa 100 mg/hari dan ibu menyusui 150 mg/hari.

Vitamin Yang Larut Dalam Lemak

Berikut ini adalah vitamin yang larut dalam lemak.

Vitamin A

Yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan pertumbuhan epitel serta regenerasi rodopsin dalam retina. Kekurangan vitamin ini menyebabkan rabun senja, kornea mata kering, kulit kaki bersisik, kulit pecah-pecah, pertumbuhan lambat dan pendarahan pada selaput lendir usus dan ginjal. Sumber vitamin A berasal dari hati, minyak ikan, telur, susu, lemak hewani, dan sayuran berwarna kuning seperti wortel.

Vitamin D

Berfungsi untuk mengatur proses penulangan, mengatur kadar kapur dan fospor, absorpsi dan metabolisme kalsium. Juga berfungsi dalam memelihara otot dan kondisi saraf, menjaga fungsi hati, fertilisasi laki-laki, dan mencegah rusaknya darah merah.

Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada tulang, seperti penyakit rakitis (pembengkokan pada tulang kaki) dan tidak sempurna pertumbuhan pada tulangnya. Sumber vitamin ini diperoleh dari mentega, minyak ikan, kuning telur dan susu.

Pengertian, Macam-Macam Dan Fungsi Vitamin Terlengkap

Vitamin E

Berfungsi pada sistem reproduksi karena dapat mencegah kemandulan, keguguran, embrio mati dalam rahim dan otot-otot menjadi lemah karena rusaknya saraf penggerak. Sumber vitamin ini berasal dari toge, susu, kuning telur, ragi, dan lemak.

Vitamin K

Berfungsi untuk membentuk protrombin yang diperlukan dalam proses pembekuan darah. Vitamin K ini disimpan didalam hati. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan darah sukar membeku. Sumber vitamin ini berasal dari sayuran, biji-bjian, hati dan toge.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Vitamin, Macam dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian terimakasih 🙂

Daftar Isi