Pengertian Integrasi dan Bentuk-bentuk Integrasi Sosial (Lengkap)

Pengertian Integrasi dan Bentuk-bentuk Integrasi Sosial (Lengkap) – Bagi anda yang sedang menjalani studi khusunya jurusan IPS pasti pernah membahas tentang integrasi sosial, apa itu integrasi sosial? Seputarpengetahuan.com kali ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan integrasi dan bentuk-bentuknya. Berikut penjelasannya.

Pengertian Integrasi dan Bentuk-bentuk Integrasi Sosial (Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Integrasi

Integrasi sosial secara sosiologis adalah proses penyesuaian diantara unsur-unsur sosial yang saling berbeda seperti norma, nilai, pranata, sistem religi, peranan sosial, lembaga sosial dan lain sebagainya yang menghasilkan pola kehidupan yang sesuai dan serasi yang fungsinya bagi masyarakat.

Pengertian integrasi dipandang dari segi politis ialah proses menyatukan berbagai kelompok sosial, aliran, dan kekuatan-kekuatan lainnya dari seluruh wilayah tanah air guna untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang sehat, dinamis, berkeadilan sosial, demokratis berdasarkan pancasila dan UUD 1945. Integrasi ini sering disebut juga dengan integrasi nasional.

Bentuk-Bentuk Integrasi Sosial

Adapun bentuk-bentuk integrasi sosial yang harus diketahui yaitu sebagai berikut:

Integrasi Instrumental

Yakni integrasi yang tampak secara visual dari adanya ikatan-ikatan sosial diantara individu-individu didalam masyarakat. Adapun cirri-ciri integrasi instrumental ialah:

  • Adanya norma atau kepentingan tertentu sebagai pengikat atau instrument;
  • Adanya keseragaman aktivitas keseharian;
  • Terdapat keseragaman pakean dan;
  • Adanya tujuan tertentu yang disesuaikan dengan kepentingan kelompok.

Integrasi Ideologis

Yakni suatu bentuk integrasi yang tidak terlihat atau nampak secara visual yang terbentuk dari ikatan spiritual atau ideologis yang kuat dan mendasar melalui proses alamiah tanpa adanya suatu paksaan dan ikatan. Interaksi ieologis ini menggambarkan adanya kesepahaman dalam nilai-nilai, persepsi, serta tujuan diantara orang-orang yang terikat menjadi satu kesatuan sosial. Adapun ciri-ciri integrasi ini ialah sebagai berikut:

Pengertian Integrasi Dan Bentuk-Bentuk Integrasi Sosial

  • Adanya persamaan nilai-nilai yang mendasar yang terbentuk atas kehendak sendiri dan bukan atas dasar adanya ikatan atau paksaan;
  • Adanya persamaan persepsi, yakni suatu pandangan yang diilhami oleh nilai-nilai yang sama diantara anggota kelompok;
  • Terdapat persamaan orientasi kerja diantara anggota kelompok;
  • Adanya tujuan yang sama yang mengacu pada prinsip-prinsip ideologis yang dianut.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Pengertian Integrasi dan Bentuk-bentuk Integrasi Sosial (Lengkap), semoga bermanfaat. Baca juga artikel kita tentang faktor dan proses terjadinya integrasi sosial. Sekian terimakasih.

Sumber: Sosiologi untuk SMA, penerbit PT. Pratama Mitra Aksara

Daftar Isi