√ Membaca Buku Biografi dan Memahaminya (Lengkap)

Membaca Buku Biografi dan Memahaminya (Lengkap) – Memahami buku biografi. Biografi yakni suatu buku yang menguraikan dan membahas tentang riwayat hidup seorang tokoh. Biografi biasanya ditulis oleh orang lain. Apabila digunakan istilah riwayat hidup sebaiknya ditulis apabila orangnya sudah meninggal. Sedangkan yang dimaksud autobiografi adalah riwayat hidup pribadi yang ditulis sendiri.

Membaca Buku Biografi dan Memahaminya (Lengkap)

Ditinjau dari penyajiannya, biografi termasuk kedalam naratif, tetapi peristiwa atau kejadian dalam biografi tidaklah fiktif, melainkan betul-betul terjadi dan dialami oleh tokoh yang bersangkutan. Biografi biasanya ditulis oleh orang yang benar-benar dekat dengan tokoh yang dibuat biografinya. Sumber cerita biografi bisa berasal dari pengakuan sang tokoh sendiri, kesaksian keluarga dan orang-orang yang mengenal sang tokoh, atau berpedoman pada data dan fakta perjalanan hidup sang tokoh.

Biografi haruslah bersifat apa adanya dan jujur. Artinya cerita haruslah sebagaimana yang terjadi tanpa dikurangi atau ditambah-tambah. Sebuah biografi adalah bentuk pertanggungjawaban moral seorang tokoh terhadap kejujuran kisah hidupnya.

Melalui biografi kita dapat belajar banyak hal, diantaranya adalah:

  • Biografi dapat dijadikan sebagai pelajaran atau pewarisan nilai-nilai kepada orang lain yang membaca atau mendengarkan kisahnya.
  • Dari buku biografi kita dapat memberi makna dan mengambil manfaat dari kisah hidup orang lain atau peristiwa yang telah terjadi.
Baca Juga:  √ Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri, Jenis, Contoh

Hal-hal yang Menarik dari Tokoh

Sebagaimana penjelasan diatas, biografi berisi cerita perjalanan hidup tokoh, mulai dari lahir menjadi tokoh bahkan sampai meninggal. Selain kisah hidup, dalam biografi juga dikemukakan;

  • Prestasi dan karya-karyanya.
  • Keteladanan atau sikap-sikapnya yang bijak.
  • Pengorbanannya dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan.

Anda dapat membaca biografi dan mencari hal yang menarik dari kehidupan sang tokoh.

Membaca Buku Biografi Dan Memahaminya Lengkap

Meneladani Tokoh dalam Biografi

Kita dapat menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari biografi seorang tokoh. Hal itu dapat kita lihat dari perjuangannya, kehidupannya, dan semangatnya.

Demikianlah pembahsan singkat kita kali ini  mengenai Membaca Buku Biografi Dan Memahaminya Lengkap, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan buat kita semua. Terimakasih.

4.8
21