√ Kaitan Interaksi Sosial dan Proses Sosial (Pembahasan Lengkap)

Kaitan Interaksi Sosial dan Proses Sosial (Pembahasan Lengkap) – Interaksi sosial merupakan aktivitas-aktivitas yang tampak ketika antar individu ataupun kelompok-kelompok manusia melakukan hubungan satu sama lain. Melalui hubungan-hubungan itu, manusia menyampaikan maksud, tujuan, dan keinginan masing-masing. Oleh karena itu, interaksi sosial menjadi kunci kehidupan masyarakat.

Kaitan Interaksi Sosial dan Proses Sosial (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya dengan seksama.

Pengertian Interkasi Sosial

Menurut Gillin dan Gillin, interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis menyangkut hubungan antar-orang antar-kelompok, maupun antar-individu dengan kelompok manusia. Interaksi sosial dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik. Hal ini karena dalam interaksi sosial terdapat aksi dan reaksi dari individu yang berinteraksi.

Interaksi sosial terjadi apabila satu individu melakukan tindakan sehingga menimbulkan reaksi dari individu-individu lain. Dengan kata lain, interaksi sosial terjadi apabila dua orang atau lebih saling berhadapan, bekerja sama, dan berbicara. Hal ini karena keduanya melakukan hubungan timbal balik walaupun dalam bentuk pertikaian.

Berbeda apabila seseorang bertemu dengan orang lain tanpa melakukan hubungan. Peristiwa tersebut tidak dapat dikatakan sebagai interaksi sosial. Menurut Soerjono Soekanto, walaupun orang-orang saling bertemu tetapi tidak saling bicara atau tidak saling menukar tanda-tanda, interaksi sosial dapat terjadi. Hal ini karena tiap-tiap pihak sadar adanya pihak lain. Contoh minyak wangi yang dikenakan, asap rokok yang dihembuskan, suara bising dijalan, dan suara langkah kaki.

Baca Juga:  √ Pengertian Masalah Sosial dan Faktor Penyebabnya (Bahas Lengkap)

Kondisi-kondisi tersebut mampu menimbilkan kesan dibenak seseorang. Hal ini mendorong seseorang melakukan tindakan sebagai respons terhadap kesan tersebut. Peristiwa ini dapat dikatakan sebagai interaksi sosial walaupun keduanya tidak melakukan hubungan. Ada dasarnya, hakikat interaksi terletak pada kesadaran mengarahkan tindakan kepada orang lain.

Selain itu, interaksi sosial muncul karena adanya orientasi timbal balik antara pihak-pihak yang bersangkutan tanpa menghiraukan maksud perbuatannya, seperti cinta atau benci, kesetiaan atau pengkhianatan, dan melukai atau menolong. Dalam interaksi sosial terdapat hubungan antar-individu yang menghasilkan reaksi timbal balik. Hubungan-hubungan tersebut melahirkan suatu pola yang menarik.

Hal inilah yang mendorong para sosiolog mengkaji masalah ini. Menurut para sosiolog, pengetahuan mengenai cara-cara berhubungan antar-anggota masyarakat dapat membantu dalam memahami masyarakat itu sendiri. Berdasarkan kajian tersebut, ditemukan adanya proses sosial di masyarakat.

Menurut Gillin dan Gillin (Sosiolog), proses sosial adalah cara-cara berhubungan yang dapat dilihat apabila antar-individu dan kelompok-kelompok manusia saling bertemu dan kemudian menentukan sistem serta bentuk-bentuk hubungan tersebut.

Dengan begitu, hubungan-hubungan yang ada dalam kehidupan manusia merupakan suatu proses sosial. Hal ini karena hubungan antar-individu merupakan syarat utama terjadinya aktivitas sosial. Aktivitas-aktivitas sosial itulah yang menjadi dasar terbentuknya proses sosial.

Jika kita mengkaji peristiwa diatas, terlihat adanya aktivitas-aktivitas orang yang diwujudkan dalam hubungan antar-mereka. Dapat disimpulkan bahwa peristiwa atau interaksi sosial diatas merupakan suatu proses sosial.

Baca Juga:  √ Saluran dan Faktor Terjadinya Globalisasi (Pembahasan Lengkap)

Kaitan Interaksi Sosial Dan Proses Sosial

Pengertian Proses Sosial

Proses sosial yaitu suatu cara berhubungan antar-sesama manusia sebagai makhluk sosial dalam proses kehidupan bermasyarakat. Proses sosial juga dapat diartikan sebagai cara-cara berhubungan yang dapat dilihat jika individu dan kelompok masyarakat saling bertemu serta menentukan sistem atau tata aturan agar proses komunikasi bersama berjalan dengan baik.

Adapun interaksi sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial yang sifatnya dinamis serta sebagai bentuk umum proses sosial yang diawali dengan kontak dan hubungan sosial.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Kaitan Interaksi Sosial dan Proses Sosial (Pembahasan Lengkap), semoga dapat menambah pengetahuan kita. Terimakasih.

Sumber: IPS Terpadu Mandat Kelas 7

5.0
24