√ Contoh Tindakan Ekonomi Secara Efisien (Pembahasan Lengkap)

Contoh Tindakan Ekonomi Secara Efisien (Pembahasan Lengkap) – Untuk anda para pebisnis atau seorang pelajar yang sedang mengenyang pendidikan dijurusan ekonomi, tentu akan senang bila mendapat pengetahuan tentang ekonomi. Sedikit yang akan kita bahas mengenai ekonomi disini adalah contoh tindakan ekonomi. Simak ulasannya.

Contoh Tindakan Ekonomi Secara Efisien (Pembahasan Lengkap)

Setelah kita membahas tentang tindakan ekonomi rasional dan irasional, disini kita akan memberikan sedikit contoh tindakan ekonomi. Tindakan ekonomi bisa disebut juga dengan tindakan alternatif.

Contoh Tindakan Ekonomi

Ada beberapa contoh dari tindakan ekonomi:

Seorang petani menggarap sawahnya agar memperoleh hasil panen yang memuaskan, sehingga mendapat uang demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

  • Bu Tika membeli sebuah lemari es. Untuk mendapatkan harga yang murah, ia membandingkan harga lemari es dari berbagai toko dan berusaha mendapat potongan harga.
  • Pergi ke sekolah memilih naik angkot daripada naik ojek karena lebih murah.
  • Ibu pergi berbelanja ke pasar untuk memperoleh sayur yang segar.
  • Pedagang menjual barang dagangannya dengan harga lebih tinggi dari harga belinya.
  • Pengusaha mencari tenaga kerja yang murah, agar biaya produksi yang dikeluarkan dapat dihemat, sehingga ia bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.
  • Wawan membeli sepatu ditoko. Agar mendapat sepatu dengan harga yang murah maka Wawan menawar harga sepatu tersebut.
Baca Juga:  √ Pengertian Tindakan Ekonomi dan Penjelasannya Secara Umum

Tindakan ekonomi yang efektif dan efisien harus dilakukan bersama-sama dan sejalan, tetapi kadang-kadang tindakan efektif dan tindakan efisien tidak dapat dilakukan bersama-sama bahkan kadang-kadang bertolak belakang. Jika tindakan efektif dan tindakan efisien bertolak belakang, maka yang perlu dipilih adalah tindakan efektif yang harus di prioritaskan dibandingkan dengan tindakan efisien, karena tujuan manusia melakukan tindakan adalah untuk memenuhi kebutuhan.

Contoh Tindakan Ekonomi Secara Efisien

Dalam melakukan tindakan ekonomi, orang harus menentukan pilihan dan memanfaatkan peluang.

Menentukan Pilihan

Menentukan pilihan harus dilakukan setepat-tepatnya, misalnya ketika orang berbelanja harus dapat menentukan pilihan. Antara barang yang sangat mendesak, mendesak, dan tidak mendesak. Dengan demikian, orang yang dapat menentukan prioritas kebutuhan, berarti orang itu melakukan tindakan ekonomi.

Memanfaatkan Peluang

Dalam melakukan tindakan ekonomi orang harus memanfaatkan peluang sebaik-baiknya, karena peluang itu harus dapat dimanfaatkan.

Demikianlah pembahasan singkat kita mengenai Contoh Tindakan Ekonomi Secara Efisien, semoga dari pembahasan diatas bisa sedikit memberikan pengetahuan tambahan untuk kita tentang contoh tindakan ekonomi.

Sumber: IPS Terpadu Mandat Kelas 7

4.9
30