9 Kelainan & Gangguan Pada Otot Manusia

9 Kelainan & Gangguan Pada Otot Manusia – Otot merupakan alat gerak aktif pada manusia, karena kemampuannya berkontraksi dan relaksasi. Otot memiliki beragam jenis dan fungsinya masing-masing.

9 Kelainan & Gangguan Pada Otot Manusia

Setelah kita mengetahui macam-macam otot pada manusia, selanjutnya kita akan membahas dan mengulas tentang kelainan dan gangguan apa saja yang terjadi pada otot manusia. Kita pasti sering mengalaminya, seperti kram pada kaki, tangan, leher, terkilir dan lain sebagainya. Adapun beberapa kelainan tersebut akan dibahas berikut ini.

Kelainan Dan Gangguan Pada Otot Manusia

Ada beberapa macam kelainan atau gangguan pada otot manusia, diantaranya yaitu:

1. Tetanus

Merupakan suatu kondisi ketegangan otot yang terus menerus karena terinfeksi oleh bakteri Clostridium tetani sehingga otot terus menerus berkontraksi.

2. Terkilir

Disebabkan oleh kerja otot antagonis, dimana cara kerja ini menyebabkan gerakan yang kacau, sehingga ujung tulang tidak kembali pada tempatnya.

3. Kram

Sama dengan kejang otot. Kram terjadi karena otot bekerja terus menerus atau bekerja terlalu berat sehingga otot mengejang dan menyebabkan rasa sakit. Selain itu, kram juga bisa terjadi karena cuaca dingin atau merupakan gejala ketidakseimbangan air dan ion di dalam tubuh.

4. Polio

Merupakan suatu kondisi mengecilnya otot karena serangan virus polio. Penyakit ini dapat dicegah dengan memberikan imunisasi polio pada bayi.

5. Kelelahan otot

Suatu kondisi dimana otot tidak bisa melakukan kontraksi, sehingga bisa menyebabkan terjadinya kram.

6. Kaku Leher

Terjadi karena gerak yang menghentak secara tiba-tiba atau mendadak ataupun salah gerak, sehingga mengakibatkan otot leher meradang.

7. Hernia abdominal

Terjadi karena sobeknya dinding otot perut sehingga usus turun ke bawah dan masuk ke dalam rongga perut.

8. Astrofi otot

Yakni terjadinya penurunan fungsi kerja otot secara maksimal yang diakibatkan karena otot mengecil & jehilangan fungsi kontraksi.

9 Kelainan Dan Gangguan Pada Otot Manusia

9. Distrofi otot

Merupakan suatu kelainan pada otot yang biasanya terjadi pada anak-anak atau balita karena adanya suatu penyakit atau kecacatan sejak lahir.

Ada baiknya kita sering melakukan olahraga agar otot-otot kita menjadi lentur dan tidak kaku. Disamping itu kita juga bisa menjaga stamina tubuh kita agar tetap bugar dan sehat serta terhindar dari berbagai macam kelainan.

Nah itulah beberapa yang dapat kami sampaikan semoga kita bisa menjaga dan mengenali beragam penyakit tersebut agar terhindar dan mampu mencegahnya. Sekian ulasan mengenai 9 Kelainan & Gangguan Pada Otot Manusia, semoga bermanfaa dan terimakasih 🙂

Daftar Isi