√ 10 Macam Hormon Pada Tumbuhan dan Fungsinya (Bahas Lengkap)

10 Macam Hormon Pada Tumbuhan dan Fungsinya (Bahas Lengkap) – Setiap tumbuhan membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Tidak semua kondisi tanah tempat tumbuhan hidup dapat menyediakan unsur-unsur hara seperti nitrogen.

10 Macam Hormon Pada Tumbuhan dan Fungsinya (Bahas Lengkap)

Pertumbuhan pada tanaman juga dipengaruhi oleh faktor internal dan salah satunya ialah hormon. Dimana hormon dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Dalam kesempatan ini, seputarpengetahuan.com akan membahas tentang macam-macam hormon dan fungsinya pada tumbuhan.

Macam-macam Hormon Pada Tumbuhan dan Fungsinya

Berikut ini kita bahas lengkap hormon yang ada pada tumbuhan dan apa fungsinya.

Hormon Auksin

Hormon ini berfungsi untuk pertumbuhan dan penghambatan pertumbuhan, pembentukan bunga dan buah, dormansi, serta penuaan dan pengguguran.

Hormon Giberelin

Berfungsi untuk merangsang pembelahan sel serta merangsang aktivitas enzim amylase dan proteinase yang berperan dalam perkecambahan.Giberelin juga merangsang pembentukan tunas, menghilangkan dormansi biji, dan merangsang pertumbuhan buah secara parthenogenesis.

Hormon Sitokinin

Berfungsi untuk merangsang pembelahan sel, pembentukan tunas pada batang maupun pada kalus, menghambat efek dominansi apikal, dan mempercepat pertumbuhan memanjang. Sitokinin dapat ditemukan pada jaringan yang membelah.

Baca Juga:  √ Pengertian Konservasi, Tujuan dan Manfaatnya (Bahas Lengkap)

Asam Traumalin

Hormon ini berfungsi untuk penutup luka bila tubuh tumbuhan terluka, seperti pada batang karet yang disadap, setelah beberapa saat akan terjadi penutupan luka meskipun tidak dapat kembali seperti semula.

Gas Etilen

Berupa gas yang berfungsi untuk pemasakan buah. Contohnya pada buah mangga yang dipetik belum masak, jika disimpan beberapa saat akan menjadi masak. Pisang yang belum masak semua jika disimpan beberapa hari akan matang.

10 Macam Hormon Pada Tumbuhan Dan Fungsinya

Asam Absisat

Berfungsi untuk menghambat pembelahan dan pemanjangan sel, menunda pertumbuhan atau dormansi, merangsang penutupan mulut daun di musim kering, dan membantu peluruhan daun pada musim kering.

Hormon Rhizokalin

Hormon ini berfungsi sebagai perangsang dalam pembentukan akar.

Hormon Anthokalin

Hormon ini berfungsi dalam pembentukan bunga.

Hormon Filokalin

Berfungsi untuk pembentukan daun.

Hormon Kaulokalin

Hormon ini berfungsi dalam pembentukan batang.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 10 Macam Hormon Pada Tumbuhan dan Fungsinya (Bahas Lengkap), semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sekian terimakasih 🙂

4.7
215