√ Proses Interaksi Sosial dan Proses Sosial (Pembahasan Lengkap)

Proses Interaksi Sosial dan Proses Sosial (Pembahasan Lengkap) – Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, tidak bisa hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia pasti akan membutuhkan orang lain. Bisakah kita bayangkan, bagaimana semenjak kita lahir sampai besar sekarang ini jika tanpa bantuin orang lain?

Proses Interaksi Sosial dan Proses Sosial (Pembahasan Lengkap)

Manusia tanpa manusia lainnya lainnya pasti akan mati. Bayi misalnya, harus diajari makan, belajar cara berjalan, belajar berbicara, bermain-main, belajar membaca dan sebagainya. Hal ini membuktikan bahwa sejak lahir manusia sudah berhubungan dengan manusia lainnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih luas mengenai bagaimana kehidupan sosial manusia, mulai dari interaksi sosial, proses sosialisasi, bentuk, dan proses interaksi sosial.

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia. Apabila dua orang bertemu, interaksi sosial dimulai pada saat itu. Mereka saling menegur, berjabat tangan, dan saling berbicara.

Proses Interaksi Sosial Dan Proses Sosial Lengkap

Aktivitas semacam itu merupakan bentuk interaksi sosial. Dalam interaksi sosial, hubungan yang terjadi harus secara timbal balik dilakukan oleh kedua belah pihak.

Ada beberapa ciri-ciri interkasi sosial, yakni sebagai berikut:

Baca Juga:  √ 14 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli dan Jenisnya
  • Pelaku interaksi sosial lebih dari dua orang.
  • Ada komunikasi lewat kontak sosial.
  • Tujuan dan maksud jelas.
  • Dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu.

Pengertian Proses Sosial

Sedangkan proses soisal adalah cara-cara manusia berhubungan (berinteraksi) dengan bentuk-bentuk atau sistem tertentu yang membawa pengaruh timbal balik terhadap manusia itu sendiri. Pengaruh timbal balik tersebut dapat terjadi antar bidang sosial dan ekonomi, bidang politik dan ekonomi, bidang ekonomi dan budaya, dan sebagainya.

Proses sosial tersebut selalu diawali dengan proses interaksi, artinya proses sosial tidak akan berjalan tanpa adanya interaksi sosial (hubungan antar manusia dalam masyarakat). Dapat kita simpulkan interaksi sosial merupakan dasar terjadinya proses sosial.

Demikian pembahasan kita mengenai Proses Interaksi Sosial dan Proses Sosial (Pembahasan Lengkap), semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. Terimakasih. Baca juga tentang kaitan interaksi sosial dan proses sosial dan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

Sumber: IPS Terpadu Mandat Kelas 7

5.0
29