√ Pengertian Tindakan Ekonomi dan Penjelasannya Secara Umum

Pengertian Tindakan Ekonomi dan Penjelasannya Secara Umum – Manusia tidak akan terlepas dari kebutuhan hidup yang terus menerus, sehingga butuh tindakan yang bisa mencukupi kebutuhannya itu.

Pengertian Tindakan Ekonomi dan Penjelasannya Secara Umum

Pada kesempatan ini, Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang pengertian dari tindakan ekonomi beserta kebutuhan manusia yang terbagi kedalam beberapa kelompok. Berikut penjelasannya.

Pengertian Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi merupakan segala sesuatu yang dilakukan oleh setiap manusia dalam upaya untuk memenuhi kebutuhannya yang dilandasi oleh pilihan yang terbaik dan lebih menguntungkan.

Seperti contoh seorang ibu di pedesaan lebih memilih masak dengan kayu bakar daripada kompor, dikarenakan harga gas lebih mahal. Contoh lainnya, dalam membeli bahan bakar minyak seperti bensin lebih memilih di pom bensin daripada di warung, karena harganya lebih hemat di pom bensin.

Tindakan ekonomi merupakan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan cara menentukan pilihan dan memanfaatkan peluang setepat-tepatnya. Setiap manusia sudah pasti memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhannya semaksimal mungkin.

Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia membutuhkan langkah-langkah dan tindakan yang harus mereka lakukan. Adapun tindakan yang dilakukan tersebut tidak lain adalah kebutuhan yang dikategorikan sebagai tindakan ekonomi.

Baca Juga:  √ Macam-macam Motif Ekonomi dan Contohnya (Bahas Lengkap)

Kebutuhan ialah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran. Kebutuhan manusia terbagi menjadi empat, yaitu:

1. Berdasarkan tingkat kepentingannya

  • Kebutuhan primer: kebutuhan yang sangat penting, benar-benar sangat dibutuhkan dan sifatnya wajib untuk dipenuhi. Seperti sandang, pangan dan papan.
  • Kebutuhan sekunder: jenis kebutuhan yang diperlukansetelah semua kebutuhan pokok atau primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Contohnya: rumah yang baik dan layak, pendidikan yang baik, makanan yang bergizi, dan lain-lain yang belum masuk kategori mewah. Hanya lebih baik.
  • Kebutuhan tersier: kebutuhan yang sifatnya mewah atau tidak sederhana. Contohnya: mobil, kendaraan bermotor, laptop, iphone, dll.

2. Berdasarkan sifatnya

  • Kebutuhan jasmani: berupa kebutuhan yang berhubungan dengan badan atau lahiriah manusia. Seperti: makanan, pakaian, tidur, sandal, make up, dll.
  • Kebutuhan rohani: berupa kebutuhan yang berhubungan dengan jiwa manusia. Seperti: bersosialisasi, beribadah, rekreasi, hiburan dll.

3. Berdasarkan waktu

  • Kebutuhan sekarang: kebutuhan yang sangat mendesak dan dibutuhkan saat ini. Contoh: keran air patah, harus segera diganti saat itu juga, kebelet pipis, makan karena lapar, kecelakaan yang harus segera diobati.
  • Kebutuhan masa depan: kebutuhan yang bisa ditunda dan dipenuhi di lain waktu di masa yang akan datang. Contoh: pergi haji, pendidikan tinggi, membeli mobil sport dls.

Pengertian Tindakan Ekonomi Dan Penjelasannya Secara Umum

4. Berdasarkan subjek penggunanya

  • Kebutuhan pribadi/individu: kebutuhan yang hanya dibutuhkan oleh perseorangan atau pribadi. Contohnya: sikat gigi, sholat 5 waktu, makan dll.
  • Kebutuhan kolektif/sosial: kebutuhan yang yang dibutuhkan oleh suatu kelompok baik berupa barang ataupun jasa yang dapat memuaskan dan memenuhi kebutuhan sosial atau kelompok. Contohnya: jalan umum atau jalan raya, organisasi-organisasi, dunia bisnis, perseroan dan lain sebagainya.
Baca Juga:  √ Pengertian Audit Internal, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkupnya

Demikianlah penjelasan singkat kita kali ini mengenai Pengertian Tindakan Ekonomi dan Penjelasannya Secara Umum, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Terimakasih 🙂

5.0
14