√ Pengertian Filsafat Pendidikan Islam Menurut Para Ahli

Pengertian Filsafat Pendidikan Islam Menurut Para Ahli – Pengertian Filsafat diperoleh melalui pemikiran rasional yang didasari atas penafsiran, spekulasi, pemahaman, penilaian kritis, dan pemikiran-pemikiran  logis, analitis dan sistematis.

Pengertian Filsafat Pendidikan Islam Menurut Para Ahli

Mari kita bahas pengertian filsafat terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Filsafat

Secara harfiah filsafat berasal dari bahasa Yunani yakni PhiloshopiaPhilo berarti cinta atau Philia (persahabatan, tertarik kepada), dan Sophia berarti pengetahuan, hikmah, kebijaksanaan, keterampilan, pengalaman, praktis atau intelegensi. Jadi, filasafat adalah cinta terhadap ilmu pengetahuan ataupun hikmah.

Menurut Al-Syaibani, filsafat bukanlah hikmah itu sendiri, melainkan cinta terhadap hikmah dan berusaha mendapatkannya, memusatkan perhatian dan sikap terhadapnya”.

Selain itu ada teori yang mengatakan bahwa filsafat adalah pengetahuan yang berkaitan dengan hakikat, prinsip dan asas dari seluruh realitas yang dipersoalkan selaku objek yang hendak diketahui.

Dalam KBBI filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada sebagaimana asal dan hukumnya.

Dari segi praktis, filasat adalah alam pikiran atau alam berfikir yaitu berfikir secara mendalam dan sungguh-sungguh. Orang yang cinta terhadap ilmu pengetahuan dan kebenaran itu lazimnya disebut dengan Philoshoper.

Pengertian Filsafat Pendidikan Islam Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan dan Filsafat Pendidikan

Pendidikan adalah suatu proses pembentukan kemampuan dasar yang fundamental, baik yang menyangkut daya pikir (intelektual) maupun daya perasaan (emosional) menuju kearah tabiat atau perilaku manusia yang berkemanusiaan. Selain itu pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran ataupun latihan bagi perannya dimasa mendatang (UU. No.2/1989/tentang Pendidikan Nasional, bab 1, pasal 1, ayat (1)).

Baca Juga:  √ Nama Surga dan Neraka Beserta Pengertiannya (Pembahasan Lengkap)

Jadi, Filsafat Pendidikan adalah filsafat yang digunakan dalam studi mengenai masalah-masalah pendidikan. Menurut Winarno Surachmad, Filsafat Pendidikan adalah fundamen untuk melahirkan praksis, tanpa fundamen itu tidak ada pendidikan.

Pengertian Islam dan Filsafat Pendidikan Islam

Islam adalah keselamatan, aturan, pembeda, agama. Sedangkan agama Islam adalah agama wahyu, agama samawi atau agama yang Allah ridhoi. Setelah kita ketahui beberapa point dari pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa:

  • Filsafat Pendidikan Islam adalah konsep berpikir tentang kependidikan yang berlandaskan ajaran-ajaran agama Islam tentang hakikat kemampuan manusia untuk dapat dibina dan dikembangkan serta dibimbing menjadi manusia muslim yang seluruh kepribadiannya dijiwai oleh ajaran Islam.

Dengan mempelajari filsafat pendidikan islam berarti memasuki arena pemikiran yang mendasar, sistematik, logis, dan universal tentang pendidikan yang bersumber dari ajaran-ajaran Islam.

Nah, itulah sedikit gambaran tentang Pengertian Filsafat Pendidikan Islam Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat. terimakasih.

4.6
11