√ Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan (Pembahasan Lengkap)

Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan (Pembahasan Lengkap) – Pada kesempatan kali ini seputarpengetahuan.com akan membahas tentang Pancasila sebagai paradigma pembangunan. Bagaimana pembahasannya? Simak ulasannya dibawah ini.

Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap Pancasila sebagai paradigma Pembangunan dibawah ini dengan seksama.

Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan

Paradigma berasal dari kata paradigm (Inggris) yang berarti model atau pola. Dengan pola atau model akan terbentuk sebuah ciri, sifat dan karakter dari ilmu pengetahuan. Adapaun pembangunan (development) merupakan suatu proses perubahan menuju keadaan yang lebih baik. Dalam pembangunan terjadi proses perkembangan, perubahan, perkembangan, baik secara kuantitas maupun secara kualitas.

Negara Indonesia telah merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 setelah berabad-abad merasakan pedihnya berada dibawah cengkraman penjajahan. Kemerdekaan bukan diperoleh secara gratis, melainkan melalui sebuah perjuangan panjang dan pengorbanan yang sangat besar.

Kemerdekaan tersebut bukanlah sebagai tujuan akhir (final goal), melainkan baru sebagai jembatan emas untuk mewujudkan kehidupan yang dicita-citakan. Untuk itu, agar cita-cita bangsa dapat diwujudkan, maka kemerdekaan harus dimanfaatkan dan diisi dengan melaksanakan pembangunan nasional. Sebab tanpa pembangunan, bentuk kehidupan yang dicita-citakan tidak akan tercapai.

Permasalahannya adalah model pembangunan seperti apa yang dianut bangsa Indonesia dalam upaya mewujudkan kehidupan yang diidealkan? Sejak Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, secara formal bangsa Indonesia telah menjatuhkan pilihannya pada ideologi Pancasila.

Baca Juga:  √ 5 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Dengan demikian, Pancasila merupakan sumber nilai bagi bangsa Indonesia yang memberi inspirasi dalam berpikir dan bertindak dalam mewujudkan kehidupan yang dicita-citakan, termasuk dalam melaksanakan pembangunan. Pancasila sebagai paradigma pembangunan berarti pola atau model pembangunan yang dilaksanakan bangsa Indonesia berdasar Pancasila. Ini berarti bahwa sumber hukum, metode serta cara pelaksanaan pembangunan bangsa Indonesia berdasar pada Pancasila.

Ideologi negara merupakan sendi utama kehidupan berbangsa dan bernegara, karena ideologi menentukan arah dan kehidupan suatu bangsa. Demikian pula, kehidupan bangsa Indonesia. Arah kehidupan, cita-cita, serta cara mewujudkan tujuan negara senantiasa didassarkan pada ideologi nasional Pancasila. Cita-cita nasional bangsa Indonesia telah dirumuskan dalam pembentukan UUD 1945 alenia ke empat, yaitu:

  • Untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,
  • memajukan kesejahteraan umum,
  • mencerdaskan kehidupan bangsa, dan
  • ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Dalam usaha mewujudkan cita-cita nasional tersebut, bangsa Indonesia melaksanakan pembangunan nasional. Pancasila sebagai ideologi bangsa sekaligus sebagai paradigma pembangunan. Pancasila menajdi landasan pembangunan, arah dan model pembangunan sekaligus sebagai tujuan pembangunan. Pancasila sebagai tujuan pembangunan, karena tujuan pembangunan nasional adalah mewujudkan masyarakat adil dan makmur, material, dan spiritual berdasarkan Pancasila.

Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan

Ini berarti, pembangunan tidak hanya dalam bidang material saja, tetapi juga seimbang dengan pembanguna spiritual. Pancasila menjadi orientasi pembangunan, sehingga hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat seluruhnya.

Baca Juga:  √ Pengertian NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), Tujuan, Fungsi dan Bentuknya

Demikianlah pembahasan singkat kita kali ini mengenai Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat bagi kita semua, terimakasih 🙂

5.0
09