√ Jenis-jenis Akar Pada Tumbuhan dan Contohnya (Bahas Lengkap)

Jenis-jenis Akar Pada Tumbuhan dan Contohnya (Bahas Lengkap) – Bagian terpenting dari tumbuhan ialah akar. Dimana akar memiliki struktur dan beragam jenisnya. Akar sangat berguna dalam penyerapan air dan zat hara, memperkokoh tumbuhan dan menjadi alat respirsasi bagi tumbuhan.

Jenis-jenis Akar Pada Tumbuhan dan Contohnya (Bahas Lengkap)

Pada kesempatan ini, seputarpengetahuan.com akan memaparkan dan menguraikan tentang jenis-jenis akar dan struktur akar pada tumbuhan serta contohnya. Berikut penjelasannya.

Jenis Akar Pada Tumbuhan

Ada dua jenis akar pada tumbuhan, yakni akar serabut & akar tunggang. Selain itu juga ada akar khusus yakni akar gantung, akar tunjang, akar napas dan akar pelekat.

Akar serabut

Akar jenis ini memiliki bentuk seperti serabut. Bagian pangkal dan ujung akar memiliki ukuran yang hampir sama besarnya. Semua bagian akar keluar dari batang. Jenis akar ini hanya dimiliki oleh tumbuhan monokotil seperti padi, jagung & tebu.

Akar tunggang

Akar ini memiliki akar pokok. Dimana akar pokok bercabang-cabang menjadi bagian yang lebih kecil. Jenis akar ini hanya dimiliki oleh tumbuhan dikotil. Seperti, pohon jeruk, mangga, dan kacang-kacangan. Namun, jika tumbuhan dikotil di tanam dengan cara di cangkok atau di stek, maka akarnya tidak berakar tunggang melainkan berakar serabut.

Baca Juga:  √ Pengertian Rhizopoda, Ciri dan Klasifikasinya (Pembahasan Lengkap)

Adapun akar-akar khusus pada tumbuhan antara lain:

Akar gantung

Akar ini tumbuh dari bagian batang tumbuhan di atas tanah. Akar ini menggantung di udara dan tumbuh ke arah tanah. Contohnya pada akar gantung pohon beringin.

Akar tunjang

Tumbuhnya dari bagian akar bawah ke segala arah. Akar ini seolah-olah menunjang batang agar tidak rebah. Contohnya akar pohon pandan dan bakau.

Akar napas

Tumbuhnya tegak lurus ke atas sehingga muncul dari permukaan tanah atau air. Akar napas ini dimiliki tumbuhan darat dan tumbuhan air. Akar napas memiliki banyak celah untuk jalan masuk udara. Contohnya kar pohon kayu api.

Akar pelekat

Tumbuhnya disepanjang batang yang berguna untuk menempel pada kayu, tembok atau tumbuhan lain. Akar ini hanya dimiliki oleh tumbuhan yang memanjat, contohnya tumbuhan lada dan sirih.

Jenis Jenis Akar Pada Tumbuhan Beserta Contohnya
a. akar napas b. akar gantung c. akar tunjang

Struktur Akar Pada Tumbuhan

Pada umumnya akar tumbuh didalam tanah. Akar terdiri dari beberapa bagian penting yakni : rambut akar dan tudung akar.

  • Rambut akar
    Rambut akar atau bulu akar merupakan tempat jalan masuknya air dan zat hara dari dari tanah ke tumbuhan.
  • Tudung akar
    Memiliki fungsi sebagai pelindung akar saat akar menembus tanah.

Demikianlah pembahasan singkat kita tentang Jenis-jenis Akar Pada Tumbuhan dan Contohnya (Bahas Lengkap), semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Sekian  dan terimakasih 🙂