√ Bagian Rangka Tubuh Manusia dan Penjelasannya (Lengkap)

Bagian Rangka Tubuh Manusia dan Penjelasannya (Lengkap) – Tubuh tidak hanya terdiri atas kulit dan daging saja, cobalah raba mulai dari kaki, jari tangan, kepala, badan dan semua yang ada di tubuhmu.  Pasti ada bagian keras didalamnya. Bagian keras itu adalah tulang.

Bagian Rangka Tubuh Manusia dan Penjelasannya (Lengkap)

Tulang-tulang yang saling berkaitan, bersambung dan tersusun secara teratur membentuk rangka. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang apa saja bagian-bagian rangka tubuh manusia.

Bayi yang baru lahir memiliki lebih dari 300 lebih bagian tulang, tetapi kebanyakan tulang rawan. Namun seiring pertumbuhannya menjadi dewasa, jumlah tulang semakin berkurang dan tulang-tulang semakin keras karena terjadinya penyatuan tulang. Jumlah tulang dewasa menjadi 206 tulang keras.

Bagian-Bagian Rangka Tubuh Manusia

Rangka manusia terdiri dari rangka kepala, rangka badan dan rangka anggota gerak.

Rangka Kepala (tengkorak)

Tulang yang membentuk rangka kepala antara lain: tulang dahi, tulang hidung, rahang atas, rahang bawah dan tulang pipi. Adapun rangka kepala pada bagian depan membentuk dasar wajah manusia. Tulang-tulang yang membentuk wajah ialah tulang dahi, tulang hidung, rahang atas, rahang  bawah dan tulang pipi.  Sedangkan pada rangka kepala bagian belakang  berbentuk batok kepala.

Baca Juga:  √ Pengertian Kelenjar Paratiroid, Fungsi, Struktur dan Kelainannya

Rangka Badan

Rangka badan tersusun dimulai dari tulang leher sampai tulang ekor. Tulang leher dibentuk oleh 7 ruas tulang. Tulang leher bersambungan dengan tulang punggung dan tulang ekor. Tulang punggung hingga tulang ekor dibentuk oleh 26 ruas tulang.

Jadi, jumlah ruas tulang dari leher hingga tulang ekor berjumlah 33. Pada bagian depan, tulang-tulang rusuk melekat ke tulang dada. Tulang dada dan tulang rusuk membentuk rongga dada. Rangka bahu (pundak) berada diatas rongga dada. Bahu dibentuk oleh tulang belikat dan tulang selangka. Adapun di badan bagian bawah ada rangka pinggul yang dibentuk oleh tulang kemaluan dan tulang pinggul.

Bagian-Bagian Rangka Tubuh Manusia Dan Penjelasannya

Rangka Anggota Badan

Yang terdiri dari anggota gerak atas dan anggota gerak bawah. Anggota gerak atas disebut tangan (lengan), sedangkan anggota gerak bawah disebut juga dengan kaki. Rangka lengan dibentuk oleh tulang lengan atas, hasta, pengumpil, pergelangan tangan, telapak tangan,  dan jari-jari tangan.

Sedangkan rangka kaki dibentuk oleh tulang paha, tempurung lutut, tulang kering, betis, pergelangan kaki, telapak kaki dan jari-jari kaki. Tulang manusia yang paling besar adalah tulang paha.

Rangka tubuh manusia dapat dapat digerakkan karena adanya kerjasama antara tulang, sendi dan otot. Untuk fungsi rangka dapat di lihat pada artikel sebelumnya.

Demikian pembahasan kita kali ini  tentang Bagian Rangka Tubuh Manusia dan Penjelasannya (Lengkap), semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sekian terimakasih 🙂