√ 7 Bagian Mata Pada Manusia dan Penjelasannya (Terlengkap)

7 Bagian Mata Pada Manusia dan Penjelasannya (Terlengkap) – Mata merupakan alat indera penglihat yang sangat penting bagi manusia. Didalam mata banyak bagian-bagian yang tidak kalah pentingnya dalam proses penglihatan. Dalam kesempatan ini, kita akan membahas mengenai bagian-bagian mata. Apa saja, berikut penjelasannya.

7 Bagian Mata Pada Manusia dan Penjelasannya (Terlengkap)

Mari kita bahas satu persatu bagian-bagian mata pada manusia dengan seksama.

Bagian-Bagian Mata

Bagian-bagian mata yang melindungi mata yaitu alis mata, bulu mata dan kelopak mata.

  • Alis mata merupakan bulu atau rambut yang berada di atas mata. Fungsinya yaitu untuk melindungi mata dari keringat yang mengalir dari dahi.
  • Kelopak mata yang terdiri atas kelopak atas dan kelopak bawah yang fungsinya melindungi mata dari benda-benda asing, seperti kotoran, debu, keringat, asap dls.
  • Bulu mata ialah rambut yang terletak dikelopak mata, atas dan bawah.Fungsinya sama yaitu melindungi mata dari benda-benda asing.

Mata dilengkapi juga dengan kelenjar air mata dan otot mata.

  • Kelenjar air mata, berfungsi dalam menghasilkan air mata, dan air mata berfungsi sebagai pelumas agar mata mudah digerakkan.
  • Otot mata, berfungsi untuk menggerakkan bola mata sehingga bola mata dapat bergerak ke kanan dan ke kiri, ke bawah dan ke atas.
Baca Juga:  √ Pengertian Hutan Suaka Alam, Manfaat, Fungsi, Ciri dan Contohnya

Adapun bagian-bagian mata yang erat kaitannya dengan fungsi penglihatan yaitu sebagai berikut:

1. Kornea (selaput bening)

Kornea ini sangat penting bagi ketajaman penglihatan kita, dimana kornea berfungsi untuk meneruskan cahaya yang masuk ke mata. Cahaya tersebut diteruskan ke bagian mata yang lebih dalam dan berakhir pada retina. Kornea memiliki beberapa sifat diantaranya : tidak berwarna (bening) & tidak memiliki pembuluh darah. Jika terjadi kerusakan pada kornea, maka akan menyebabkan kebutaan.

2. Iris (selaput pelangi)

Letaknya di  tengah-tengah bola mata dan di belakang kornea. Iris merupakan suatu jaringan yang kaya dengan pembuluh darah. Warna iris mata sangat dipengaruhi oleh jenis ras atau bangsa. Pada umumnya, warna iris mata orang Indonesia berwarna coklat kehitaman.

3. Pupil (anak mata)

Ditengah iris terdapat celah yang disebut dengan pupil. Fungsinya adalah untuk mengatur banyak dan sedikitnya cahaya yang masuk ke mata sehingga sesuai dengan kebutuhannya. Jika cahaya terlalu sedikit, pupil akan membesar dan jika cahaya terlalu banyak, pupil akan mengecil. Fungsi pupil sama seperti fungsi diafragma pada kamera.

4. Lensa

Berada di tengah-tengah bola mata, yakni dibelakang pupil dan iris. Lensa berfungsi untuk memfokuskan dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata agar jatuh tepat di retina. Sehingga mata dapat melihat dengan jelas. Kemampuan lensa mata untuk mengubah kecembungannya disebut dengan daya akomodasi.

Baca Juga:  √ Organ Pernapasan Manusia dan Mekanisme Pernapasannya (Lengkap)

5. Badan bening

Letaknya di belakang lensa. Berbentuk seperti agar-agar. Memiliki fungsi untuk meneruskan cahaya yang sudah melewati lensa. Cahaya tersebut dilanjutkan ke retina atau selaput jala.

Bagian-Bagian Mata Pada Manusia Dan Penjelasannya

6. Retina (selaput jala)

Merupakan selaput yang letaknya paling belakang. Retina menerima cahaya yang diteruskan ke bagian-bagian mata di depannya. Pada retina terdapat ujung-ujung saraf penerima.

7. Saraf mata

Berfungsi untuk meneruskan rangsangan cahaya yang telah diterima. Rangsang cahaya tersebut dilanjutkan ke susunan saraf pusat yang terletak di otak. Dengan demikian, kita bisa melihat suatu benda.

Demikianlah pembahasan singkat kita kali ini mengenai 7 Bagian Mata Pada Manusia dan Penjelasannya (Terlengkap), semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

4.5
08