√ 6 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

6 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Sejarah merupakan bidang studi wajib bagi jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah, sejarah mencakup kejadian-kejadian masa lampau atau asal-usul sesuatu yang berdampak pada masa depan.

Sejarah itu sendiri ditulis untuk mengenang sesuatu dengan tujuan agar kita yang hidup dimasa kini mengetahui bagaimana kehidupan dimasa lampau dan mengetahui seberapa besar dampak yang diberikan terhadap masa depan.

6 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Maari kita bahas pengertian sejarah dengan seksama dibaawah ini.

Pengertian Sejarah

Kata sejarah di ekstrak dari Bahasa Arab yakni Syajaratun yang bermakna Pohon. Pohon mempunyai filosofi yakni dimana segala sesuatu akan tumbuh berkembang mulai dari akar sampai menjadi buah dan berkembang. Berikut beberapa pengertian Sejarah menurut para ahli:

1. Roeslan Abdulgani

Mengatakan bahwa sejarah merupakan sebuah ilmu yang menyelidiki atau meneliti secara sistematis perkembangan masyarakat dan kemanusiaan dimasa lalu beserta kejadian-kejadian yang terjadi pada masa lampau yang bermaksud untuk menilai secara kritis seluruh hasil penyelidikannya, untuk dijadikan pedoman bagi penentuan dan penilaian dimasa sekarang untuk mengarahkan progres dimasa depan.

Baca Juga:  √ 11 Macam Perjanjian Yang Ada Di Indonesia (Terlengkap)

2. Heredotus

Ialah sejarawan pertama didunia yang berkebangsaan Yunani, ia pun mendapat julukan The Father of History yang berarti Bapak Sejarah. Menurutnya sejarah tidak berkembang kedepan dengan tujuan yang pasti, tetapi bergerak sesuai garis lingkaran yang dinamikanya terpengaruh oleh keadaan manusia.

3. Moh. Yamin, SH.

Mengatakan bahwa sejarah ialah suatu ilmu pengetahuan yang dirangkai dari hasil penelitian beberapa kejadian yang dapat diambil pembuktiannya dari kenyataan.

4. Ibnu Khaldun

Mengartikan sejarah sebagai sebuah catatan umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan yang terjadi pada sifat masyarakat tersebut.

6 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Lengkap

5. Thomas Carlyle

Memberikan arti sejarah sebagai peristiwa masa lalu yang mempelajari biografi orang-orang terkenal dimana mereka berperan sebagai penyelamat pada zaman mereka. Mereka adalah orang-orang besar yang pernah dicatat sebgai pembawa perubahan pada masa kini.

6. Collingwood

Adalah sejarawan yang berfikir bahwa sejarah adalah ilmu atau sebuah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tentang perilaku manusia pada masa lampau.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai 6 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Terimakasih.

4.6
22