5 Pengertian File Menurut Para Ahli Lengkap

5 Pengertian File Menurut para Ahli Lengkap – Jika anda pengguna komputer, maka tidak asing lagi mendengar kata file. Namun walau kita sering mendengar kata tersebut atau bahkan setiap hari disaat kita bekerja menggunakan komputer selalu menggunakan file, belum tentu kita tahu definisi atau pengertian dari file tersebut. Mari simak ulasannya.

5 Pengertian File Menurut Para Ahli Lengkap

Mari kita bahas lengkap pengertian file dibawah ini

Pengertian File

Kata file diambil dari bahasa Inggris yang artinya data atau berkas, namun lebih spesifiknya file adalah kumpulan bermacam-macam informasi yang berhubungan dan juga tersimpan didalam secondary storage. Secara konsep file mempunyai beberapa tipe, tipe tersebut ada yang berupa data dari numeric, character dan binary. Namun ada juga file yang bertipe program.

Biasanya, suatu file yang berada dalam komputer disimpan didalam suatu folder. Masing-masing file mempunyai ekstensinya sendiri-sendiri tergantung dari jenis file tersebut. Ekstensi file merupakan tanda yang membedakan jenis-jenis dari sebuah file. Berikut contoh dan jenis file beserta ekstensinya:

  • System: com, sys, tmp, bak, bat, dan exe.
  • Video: mpeg, mpg, 3gp, avi, dan fly.
  • Dokumen: doc, odt, xls, ods, pdf, dan html.
  • Suara: mp3, midi, rm, dan wav.
  • Gambar: gif, jpg, jpeg, png, tif, dan tiff.

Pengertian File Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mendefinisikan file sebagai berikut:

1. Rachmad Hakim S.

File adalah sebuah dokumen yang didalamnya mengandung informasi tertentu dan dapat dibuka menggunakan program.

2. Hendrayudi

Mengatakan bahwa file adalah kumpulan data yang tersimpan dalam media yang memiliki informasi besar file, jam dan tanggal penyimpanan file, ciri file, dan attribut file.

3. McLeod (Pearson)

Mengatakan file merupakan koleksi record yang saling berhubungan, seperti satu file dari seluruh record yang berisi field kode-kode mata kuliah dan namanya.

5 Pengertian File Menurut Para Ahli Lengkap

4. Sindhunata

Singkat menjelaskan bahwa file adalah kumpulan catatan atau arsip.

5. Edi S. Mulyanta

Mengatakan file adalah urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital untuk pertukaran dan penyimpanan data.

Demikianlah penjelasan singkat kita mengenai 5 Pengertian File Menurut para Ahli Lengkap, semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita dalam dunia komputer. Terimakasih.

Daftar Isi