√ 4 Fungsi Rangka Tubuh Manusia dan Penjelasannya (Lengkap)

4 Fungsi Rangka Tubuh Manusia dan Penjelasannya (Lengkap) – Tubuh manusia telah di desain oleh Sang Maha Pencipta dengan kesempurnaan. Bagian-bagian yang ada di dalam tubuh saling berhubungan satu sama lain. Tidak ada satu bagian tubuh yang berdiri sendiri.

4 Fungsi Rangka Tubuh Manusia dan Penjelasannya (Lengkap)

Pada kesempatan ini, Seputar Pengetahuan akan membahas tentang fungsi rangka manusia yang erat kaitannya dengan bagian tubuh lainnya. Dengan adanya rangka, tubuh akan berfungsi dengan baik. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Fungsi Rangka Manusia

Adapun beberapa fungsi rangka pada tubuh manusia yaitu antara lain:

1. Rangka dapat menguatkan dan menegakkan tubuh

Bayangkan jika tubuh manusia tidak dilengkapi oleh rangka, mungkin tubuh tidak akan kokoh dan kuat dalam menopang tubuh, berdiri, berlari ataupun berjalan. Dengan bentuk telapak kaki yang panjang dan kuat serta cukup panjang, kita bisa berdiri dengan tegak.

2. Rangka menentukan bentuk tubuh

Dengan adanya rangka, tubuh kita jadi memiliki bentuk yang sempurna dan indah. Bahkan dengan adanya rangka, setiap bentuk tubuh manusia dapat dibedakan. Seperti : ada orang yang tinggi badannya, ada juga yang pendek, ada yang memiliki jari-jari panjang, ada juga yang pendek, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  √ Pengertian Batang, Fungsi, Sifat, Jenis & Struktur Batang (Lengkap)

3. Rangka merupakan tempat melekatnya otot

Tanpa rangka, otot-otot tidak memiliki tempat untuk melekat. Jika otot tidak memiliki tempat untuk melekat, maka anggota badan akan kaku dan tidak bisa digerakkan. Otot bekerja dengan cara relaksasi dan kontraksi. Disitulah rangka bekerjasama dengan otot untuk melakukan suatu gerakan. Misalnya, dalam menggerakkan lengan itu dipengaruhi dengan otot yang ada di tulang lengan bagian atas yakni otot bisep & trisep.

4. Rangka dapat melindungi tubuh yang penting

Kita ketahui bahwa tulang merupakan bagian tubuh yang paling keras. Dengan bentuknya yang keras, maka tulang berfungsi dalam melindungi bagian dalam tubuh yang cukup rapuh atau mudah terluka dan rusak jika terkena benda keras. Beberapa fungsi itu antara lain:

4 Fungsi Rangka Tubuh Manusia Dan Penjelasannya

  • Tengkorak (rangka kepala) dapat melindungi otak, mata, telinga, hidung dan saluran pernafasan bagian atas.
  • Ruas tulang leher yang melindungi tenggorokan dan kerongkongan.
  • Tulang pinggul dapat melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi bagian dalam.
  • Rangka rongga dada dapat melindungi alat pernapasan yakni paru-paru, jantung, dan sebagian alat pencernaan makanan.
  • Tulang belakang dapat menegakkan badan juga melindungi sumsum tulang belakang. Saraf-saraf pada sumsum tulang belakang  dapat menghubungkan semua bagian tubuh dengan otak. Jika sumsum tulang belakang rusak, maka akan terjadi kelumpuhan.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai 4 Fungsi Rangka Tubuh Manusia dan Penjelasannya (Lengkap), semoga bermanfaat. Sekian terimakasih 🙂