√ 3 Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia (Pembahasan Lengkap)

3 Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia (Pembahasan Lengkap) – Ada beberapa gangguan pada tulang belakang akibat kesalahan atau posisi duduk. Sikap tubuh yang salah akan berdampak buruk untuk bentuk rangka kita. Bagian rangka yang paling sering terkena gangguan itu ialah tulang punggung atau tulang belakang.

3 Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia (Pembahasan Lengkap)

Dalam kesempatan ini, seputarpengetahuan.com akan memaparkan beberapa gangguan pada tulang belakang. Berikut pemaparannya.

Kelainan Pada Tulang Belakang

Ada tiga macam kelainan pada tulang belakang, yaitu lordosis, kifosis dan skoliosis.

Lordosis

Yakni tulang punggung yang terlalu bengkok ke depan. Biasanya hal ini disebabkan karena sikap duduk yang terlalu sering membusungkan dada ke depan.

Kifosis

Yakni tulang punggung terlalu bengkok ke belakang. Biasanya disebabkan karena sikap duduk dan berdiri yang sering dan terlalu membungkuk.

Skoliosis

Yakni tulang punggung yang terlalu bengkok ke kiri atau ke kanan. Biasanya hal ini disebabkan karena sikap duduk yang sering pada posisi miring. Selain itu juga, karena sering mengangkat beban yang terlalu berat pada salah satu lengan atau bahu.

Oleh karena itu, untuk menghindari kelainan pada tulang belakang, maka diperlukan untuk menjaga dan memelihara sikap tubuh yang benar. Adapun beberapa penyakit yang menyerang tulang antara lain:

Baca Juga:  √ Pengertian Sel Hewan, Bagian dan Fungsinya (Bahas Lengkap)

Osteoporosis

Biasa disebut juga dengan tulang keropos. Biasanya menyerang pada usia lanjut. Penyakit ini disebabkan karena kekurangan kalsium. Untuk mencegah penyakit ini, hendaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium.

Rematik

Biasanya ditandai dengan nyeri pada persendian. Rasa nyeri juga disertai dengan pembengkakan pada sendi.

3 Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia Lengkap

TBC Tulang

TBC juga bisa menyerang tulang. Tulang bisa menjadi lemah hingga bernanah. Untuk menghindari penyakit ini, kita harus tinggal di tempat yang bersih, cukup mendapatkan sinar matahari dan tidak lembab.

Nah itulah beberapa kelainan pada tulang belakang, semoga kita terhindar dari penyakit tulang dan selalu menjaga kesehatan rangka dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi, olahraga yang teratur dan menjaga kestabilan posisi duduk dan berdiri, agar kesehatan rangka atau tulang terjaga.

Demikianlah penjelasan kita kali ini tentang 3 Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian terimakasih 🙂

3.5
53