10 Kelainan Pada Mata Manusia dan Penjelasannya (Terlengkap)

10 Kelainan Pada Mata Manusia dan Penjelasannya (Terlengkap) – Mata merupakan salah satu alat indera yang sangat vital dan sangat penting bagi manusia. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk selalu memelihara dan menjaga kesehatan mata. Jika bagian-bagian mata ada yang terluka karena pada dasarnya mata merupakan bagian yang sangat sensitif dan mudah terluka. Sehingga mata perlu pemeliharaan yang baik.

10 Kelainan Pada Mata Manusia dan Penjelasannya (Terlengkap)

Dalam kesempatan ini, Seputar Pengetahuan akan menjelaskan dan menguraikan tentang kelainan pada mata serta penjelasannya.

Kelainan Pada Mata

Kelainan atau penyakit yang menyerang mata, antara lain:

1. Miopi (rabun jauh)

Yakni ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang jauh jaraknya dengan jelas. Kelainan atau penyakit ini bisa diatasi dengan cara menggunakan kacamata minus atau lensa cekung.

2. Hipermetrofi (rabun dekat)

Yakni ketidakmampuan mata untuk melihat benda dengan jarak dekat secara jelas. Kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kacamata plus atau lensa cembung.

3. Presbiopi (mata tua)

Yakni ketidakmampuan mata dalam melihat benda yang dekat dan benda yang jauh secara jelas. Kelainan ini bisa diatasi dengan menggunakan kacamata berlensa ganda yaitu minus dan plus.

4. Rabun Senja

Merupakan kelainan mata yang berupa ketidakmampuan mata untuk melihat di senja hari yang disebabkan karena kekurangan vitamin A. Dan biasanya bersifat sementara.

5. Buta Warna

Merupakan kelainan mata yang berupa ketidakmampuan mata untuk melihat warna-warna tertentu. Contohnya, buta warna ungu tidak dapat melihat warna ungu, buta warna orange tidak bisa melihat warna orange. Ada juga buta warna total, meskipun jarang sekali ditemukan. Pada buta warna total, mata hanya mampu melihat warna hitam dan putih saja.

6. Mata Merah

Terjadi karena mata kemasukan benda asing, sehingga menyebabkan mata perih dan gatal. Mata merah yang tidak segera diobati akan mengakibatkan kotoran yang menumpuk di sudut mata. Dalam kondisi yang lebih parah, kelopak mata akan menjadi bengkak.

7. Katarak

Biasanya penyakit ini menyerang orang yang sudah lanjut usia. Pada mata yang katarak tampak diselimuti lapisan putih. Sehingga si penderita kesulitan untuk melihat. Penderita katarak ini bisa disembuhkan dengan cara operasi pengangkatan lensa yang buram dan menggantinya dengan lensa buatan.

8. Glukoma

Yakni kelainan pada mata yang dapat dicirikan dengan rusaknya saraf optik. Dimana fungsinya untuk membawa cahaya dari mata ke otak. Penyebab kerusakan ini ialah karena kelebihan cairan yang mengisi bola mata.

9. Kebutaan

Merupakan kelainan atau penyakit mata yang menyebabkan mata tidak bisa melihat sama sekali. Penyebab terjadinya kebutaan salah satunya adalah karena glukoma dan katarak atau kelainan lain dari fisik manusia itu sendiri.

10 Kelainan Pada Mata Manusia Dan Penjelasannya

10. Astigmatisma

Yang dikenal juga dengan mata silinder. Yakni gangguan pada mata yang mengakibatkan pengelihatan menjadi kabur, tidak jelas dan samar-samar. Silindris ini disebabkan karena kornea mata tidak rata. Penyakit ini dapat diatasi dengan kacamata silinder.

Demikianlah penjelasan singkat kita kali ini mengenai 10 Kelainan Pada Mata Manusia dan Penjelasannya (Terlengkap), semoga bisa menambah wawasan kita semua dan bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

Daftar Isi