√ Pengertian Seni Rupa dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Seni Rupa dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap) – Dalam pembahasan kali ini, seputarpengetahuan.com akan membahas secara singkat mengenai pengertian seni rupa dan jenis-jenis seni rupa itu sendiri. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Seni Rupa dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian seni rupa terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk suatu karya seni, dimana cara merealisasikannya diwujudkan dalam bentuk rupa yang terdiri dari unsur titik, garis, bidang, warna, tekstur, gelap dan terang. Salah satu bagian seni rupa ini berbentuk dua/tiga dimensi karena terdapat panjang, lebar, dan ruang/volume. Seni rupa juga merupakan ungkapan seluruh perasaan manusia yang diwujudkan atau dituangkan melalui pengolahan media & penataan elemen serta berbagai prinsip desain. Seni rupa dapat dibedakan menjadi dua yakni: seni rupa murni dan terapan.

Seni rupa murni (fine art)

Seni rupa murni (fine art)ialah seni rupa yang lebih menitikberatkan pada ekspresi jiwa seperti hasil karya lukis/lukisan. Karya seni rupa murni tercipta dengan kebebasan tanpa memperhitungkan fungsi dan manfaatnya. Jadi, para seniman menciptakan karya-karya seni dengan bebas dan mengekspresikan isi hati/seluruh gagasannya. Karya seni ini berfungsi sebagai sarana fungsi individual. Contoh jenis karya seni rupa ini seperti: seni grafik, lukis, seni patung dan lain sebagainya.

Seni rupa terapan (applied art)

Seni rupa terapan (applied art) ialah seni rupa dimana proses pembuatannya memiliki fungsi dan tujuan tertentu seperti seni kriya. Karya seni rupa terapan selain mempertimbangkan unsur-unsur estetika juga diciptakan untuk bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh jenis karya seni rupa ini seperti: reklame, seni bangunan, kendaraan, seni taman, ilustrasi, seni kerajinan, tata rias, seni busana, batik dan lain sebagainya. Karya seni terapan ini bisa berfungsi sebagai sarana fungsi sosial.

Baca Juga:  √ Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Tingkatan, Tipe, Tahapan

Berdasarkan wujud & bentuknya, seni rupa terbagi menjadi dua yakni seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Dimana seni rupa dua dimensi hanya memiliki panjang & lebar. Sedangkan seni rupa tiga dimensi memiliki panjang, lebar dan ruang atau volume.

Pengertian Seni Rupa Dan Jenis-Jenisnya Terlengkap

Jenis-Jenis Seni Rupa

Ada beberapa jenis seni rupa yaitu sebagai berikut.

  • Seni lukis, merupakan pengembangan dari menggambar yang lebih lengkap dan lebih utuh.
  • Seni grafis, merupakan cabang seni dimana pembuatannya menggunakan alat atau teknik cetak yang umumnya dan biasanya diatas kertas seperti pada poster &  sablon.
  • Seni kriya, merupakan seni dua dimensi dimana karya seni ini lebih menekankan pada ketrampilan tangan seperti contoh: batik, hiasan dinding, parabot, keramik, dls.
  • Seni ilustrasi, merupakan seni menggambar sebagai hasil visualisasi dari tulisan untuk menerangkan, menyampaikan, menghiasi/memudahkan pembaca untuk memahami suatu cerita, tulisan, maupun informasi lainnya. Seperti contoh komik & karikatur.
  • Seni patung, Merupakan seni rupa yang hasil karyanya berbentuk tiga dimensi. Biasanya dikerjakan dengan cara memahat/casting (dengan menggunakan cetakan).

Nah itulah penjelasan singkat mengenai Pengertian Seni Rupa dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap), semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. sekian terimakasih.