Macam-Macam Otot Pada Manusia dan Penjelasannya

Macam-Macam Otot Pada Manusia dan Penjelasannya (Artikel Lengkap) – Manusia memiliki ototyang merupakan jaringan dalam tubuh sebagai alat yang berguna untuk bergerak. Otot dapat bekerja dengan cara  berkontraksi & relaksasi. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang macam-macam otot, dimana kita mengenal ada tiga macam otot yakni otot polos, lurik dan jantung.

3 Macam Otot Pada Manusia dan Penjelasannya (Artikel Lengkap)

Untuk pembahasannya dapat kita simak berikut ini.

Macam-Macam Otot

Adapun macam-macam otot yang ada didalam tubuh manusia antara lain:

Otot Polos

Terdiri dari sel-sel otot polos yang bentuknya gelendong, di bagian tengahnya membesar dan keduan ujungnya runcing. Jumlah intinya hanya satu dan berada di tengah sel. Otot polos ini merupakan otot tak sadar karena bekerjanya diluar kesadaran kita tanpa perintah dari otak.

Otot polos berada pada dinding alat-alat tubuh dalam seperti di dinding usus, saluran kelamin, pembuluh darah, dan saluran ekskresi. Cara kerja otot polos ini sangat lambat, teratur dan tidak mudah lelah. Walaupun dalam keadaan kita sedang beristirahat.

Otot Lurik

Sel-sel otot lurik ini berbentuk seperti tabung atau silindris dan memiliki inti banyak. Jika dilihat dengan menggunakan mikroskop, tampak adanya bagian yang gelap dan terang berselang-seling sehingga memberi kesan lurik.

Otot ini disebut juga dengan otot serat lintang. Dikarenakan letaknya menempel pada rangka yang disebut otot rangka. Otot ini sering disebut dengan otot sadar karena bekerjanya sesuai kemauan dan perintah dari otak.

Serabut-serabut otot berkumpul menjadi berkas-berkas otot, dan serabut-serabut itu pada intinya adalah sel-sel otot. Otot sadar yang secara terus menerus berkontraksi akan menimbulkan kelelahan dan keletihan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan istirahat untuk mengembalikan kebugarannya. Otot-otot kita bisa dilatih melalui olahraga yang teratur sehingga membuat otot kita menjadi lebih kuat, lentur dan fleksibel.

3 Macam Otot Pada Manusia (Artikel Lengkap) & Penjelasannya

Otot Jantung

Ini merupakan otot yang istimewa. Otot ini tersusun dari serabut-serabut otot lurik yang bercabang-cabang. Otot jantung ini bekerja terus menerus, bersifat tak sadar sehingga juga disebut otot tak sadar dan tidak membutuhkan waktu istirahat.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai Macam-Macam Otot Pada Manusia (Artikel Lengkap) & Penjelasannya, semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian terimakasih 🙂

Daftar Isi