7 Kelainan serta Gangguan Pada Darah dan Sistem Peredarannya

7 Kelainan serta Gangguan Pada Darah dan Sistem Peredarannya – Pada penjelasan berikut ini, kita akan bahas tentang kelainan apa saja atau gangguan yang disebabkan oleh darah dan sistem gangguan pada darah. Ada beberapa kelainan atau gangguan di sistem peredaran yang bisa disebabkan oleh faktor keturunan, dan kerusakan lain yang disebabkan oleh bakteri, dls.

7 Kelainan serta Gangguan Pada Darah dan Sistem Peredarannya

Mari kita bahas lengkap pada uraian dibawah ini.

Kelainan serta Gangguan Pada Darah dan Sistem Peredaran Darah

Berikut beberapa kelainan dan gangguan yang ada di sistem peredaran darah.

1. Anemia

Penyakit ini sering sekali dikeluhkan banyak orang, mungkin salah satu didalam keluarga kita ada yang memiliki penyakit seperti ini yaitu anemia yang dikenal dengan kekurangan darah. Penyakit ini disebabkan karena kekurangan hemoglobin, zat besi (Fe) atau kekurangan eritrosit. Kekurangan eritrosit ini bisa terjadi kaarena penyakit pemakan sel darah seperti malaria dan cacing tambang.

2. Leukimia

Yang dikenal juga dengan penyakit kanker darah. Penyakit ini disebabkan oleh penambahan sel darah putih atau leukosit secara tidak terkendali.

3. Hemofilia

Yakni penyakit keturunan yang darah keluar dari pembuluh darah tidak bisa membeku. Luka sekecil apapun darah bisa mengalir sehingga bisa mendatangkan kematian.

4. Sklerosis

Yakni penyakit pengerasan pembuluh nadi. Ganguan ini bisa disebabkan oleh endapan lemak (ater osklerosis) dan endapan kapur (arterosklerosis). Penyakit ini bisa menjadi sebab berkurangnya elastisitas pembuluh darah manusia, sehingga dapat menaikkan tekanan darah. Apabila sklerosis ini terjadi pada artericle, maka bisa menyebabkan pecahnya arteriole tersebut. Jika sklerosis terjadi di otak, maka bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya.

5. Trombus dan Embolus

Yakni penyakit jantung karena adanya gumpalan. Pada nadi tajuk (arteria koronaria)

Kelainan Dan Gangguan Pada Darah & Sistem Peredaran Darah

6. Varises

Yakni pelebaran pembuluh balik. Pada umumnya terjadi di betis. Jika pelebaran ini terjadi pada vena dekat anus maka disebut dengan hemoroid (ambeien atau wasir).

7. Eritroblastosis fetalis

Yakni penyakit kuning pada bayi yang disebabkan masuknya aglutinin atau anti rh darah ibu ke dalam darah anaknya yangbergolongan rh+.

Nah itulah beberapa kelainan dan gangguan yang ada di darah. Semoga pembahasan tentang 7 Kelainan serta Gangguan Pada Darah dan Sistem Peredarannya, dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Sekian terimakasih 🙂

Daftar Isi